wanda

Kebiasaan Yang Wajib Dihindari Oleh Pengendara Sepeda Motor

Publikasi: 2 bulan 4 hari 21 jam 31 menit yang lalu

Sebagai pengguna sepeda motor kita memiliki kebiasaan yang wajib dihindari agar keselamatan berkendara bisa tercapai dan juga berkendara menjadi lebih aman. Kebiasaan yang wajib dihindari oleh pengendara sepeda motor ini biasanya adalah kebiasaan buruk yang menjadikan pengguna jalan raya dan juga diri sendiri dalam bahaya. Dengan mengetahui beberapa kebiasaan buruk ini, kamu sebagai pengguna kendaraan bermotor akan menjadi lebih waspada sehingga keselamatan dalam berkendara akan bisa dicapai. 

Berikut ini adalah kebiasaan yang wajib kita hindari sebagai pengendara sepeda motor. 

1. Kebiasaan Modifikasi Motor Tidak Sesuai Aturan

Ya, Bro memodifikasi kendaraan sepeda motor memanglah hak exclusive setiap pengguna kendaraan sepeda motor. Setiap orang bebas untuk memodifikasi kendaraan sepeda motor yang mereka miliki. Tapi apakah kamu tahu ada beberapa peraturan dalam melakukan modifikasi motor di Indonesia? Kenapa peraturan ini ada? Tujuannya bukan membatasi kreatifitas, jika memang kalian berkreatifitas, tentunya boleh memodifikasi se ekstrem mungkin tapi jangan pernah digunakan di jalan raya. 

Kendaraan yang diubah dimensinya, mesin, dan juga sebagainya yang melanggar undang – undang lalu lintas memiliki tempat di acara kontes – kontes otomotif. Modifikasi seperti ini akan sangat dihargai kreatifitasnya disana, tapi jika dikendarai di jalan raya tentunya akan sangat membahayakan untuk anda dan juga pengendara lainnya. 

2. Nggak Usah Pakai Helm Deket Kok!

Kebiasaan pengendara sepeda motor khususnya di Indonesia. Tidak menggunakan helm ketika jarak tempuh dekat, hanya merupakan sebuah alasan klasik yang tidak masuk akal. Kenapa tidak masuk akal? Kita teliti lebih lanjut deh, menurut penelitian sekitar kecelakaan yang terjadi, sekitar 84% bukan dijalan besar, melainkan di jalan kecil yang bisa dibilang tidak ada penjagaan petugas lalu lintas. Nah, untuk itu tetaplah menggunakan alat keamanan yang satu ini karena akan mengurangi resiko dampak kecelakaan. 

Mau kamu berkendara hanya 1 km, 5 km, dan sebagainya tetaplah menggunakan helm dan juga perlengkapan keamanan sepeda motor, ingat bro, kamu memiliki peran yang penting untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

3. Memaksa Berkendara Dalam Keadaan Yang Tidak Fit

Salah satu contohnya adalah ngantuk atau dalam keadaan sakit dan pengaruh obat. Hal ini sangat tidak dianjurkan sekali karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain atau pengendara dan pengguna jalan lain. Ketika kita dalam keadaan ngantuk, konsentrasi kita akan menurun secara drastis yang berarti tingkat kesadaran juga berkurang. Dengan berkurangnya tingkat kesadaran kita akan menjadi tidak hati – hati saat berada di jalan raya.

Jadi jika kondisi badan kurang prima hindari berkendara dengan kendaraan sepeda motor, atau kendaraan apapun itu. Lebih baik menunggu kondisi fit atau gunakan kendaraan umum. 

4. Bersikap Egois Di Jalan Raya

Bro, pengguna jalan raya itu bukan kamu aja. Jadi akan lebih baik jika kita berada di jalan raya haruslah bersabar dan bergantian dan saling mengalah terlebih kepada para pejalan kaki. Selain itu pengendara sepeda motor mentang – mentang lebih kecil main slonong kanan dan slonong kiri tanpa melihat – lihat keadaan. Kebiasaan ini sangat membahayakan pengendara lain dan tentunya diri sendiri. Memang jalanan yang macet itu membuat kita menjadi emosi, tapi dengan emosi jug tidak akan menyelesaikan masalah malahan menambah masalah yang baru bukan. 

Jadi mulai sekarang hindari kebiasaan egois di jalan raya ya? Agar tidak ada yang terluka. 

5. Rambu dan Tanda lalu Lintas Cuma Pajangan

Kebiasaan yang harus dihindari selanjutnya adalah kebiasaan tidak mentaati peraturan lalu lintas yang ada di jalan raya. Gunanya diberi sebuah peraturan lalu lintas adalah agar mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan juga mengatur jalannya arus lalu lintas. Jika kamu melanggar peraturan tersebut tentunya menjadikan arus lalu lintas menjadi kacau yang bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. 

Hal yang sering dilanggar oleh pengendara sepeda motor adalah putar balik, dimana ada kesempatan pasti disitu sepeda motor melakukan putar balik, padahal sudah ada tanda dilarang putar balik tetap seja melakukannya. 

Selain itu rambu seperti jalan satu arah sering dilanggar oleh para pengguna kendaraan sepeda motor. Ingat ya bro, peran kamu itu sangat penting untuk mengurangi angka kecelakaan dan juga menerapkan safety riding di jalan raya. 

Nah, itu dia kebiasaan yang wajib kamu hindari agar bisa menjadi pengendara sepeda motor yang teladan dan menerapkan safety riding. Jika kamu sudah tidak melakukan kebiasaan yang ada di atas kamu sudah menerapkan safety riding, jadi mulai sekarang biasakan untuk mengurangi kebiasaan ini ya? Karena kalau bukan kita yang memulainya siapa lagi yang akan memulai kebiasaan aman berkendara ini.  

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More