wanda

Tips Bonceng Sepeda Motor Yang Aman

Publikasi: 1 bulan 9 hari 4 jam 52 menit yang lalu

Sekali lagi sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat populer di Indonesia. Tapi kesadaran keamanan berkendara menggunakan sepeda motor ini masih sering dilupakan dan juga tidak diperhatikan atau masih kurang sadar mengenai keselamatan berkendara. Bagi kamu yang sering membonceng sepeda motor sama cowok kamu atau cewek kamu, ini ada beberapa tips bonceng sepeda motor yang aman.

Pengendara motor baik itu yang di depan atau di belakang sama – sama memiliki resiko yang sama jika terjadi kecelakaan. Dengan begitu tentunya membonceng sepeda motor juga memerlukan sebuah panduan yang bisa menghindari dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor. Untuk itu simak baik baik tips bonceng sepeda motor yang aman berikut ini:

1. Buatlah Senyaman Mungkin Posisi Duduk

Bonceng di sepeda motor tidak seperti kita duduk di dalam mobil yang bisa dengan leluasa dengan berbagai gaya bisa duduk. Di sepeda motor kita cenderung memiliki posisi duduk yang monoton, sehingga salah satu cara untuk menikmatinya ya harus mencari posisi duduk paling nyaman. Dengan posisi duduk nyaman kita menjadi tidak mudah capek dan lelah. Jadi saat membonceng sepeda motor silakan cari posisi ternyaman untuk duduk.

Posisi duduk juga bisa mempengaruhi keseimbangan kendaraan sepeda motor, dengan posisi yang benar sepeda motor lebih stabil dan lebih mudah untuk dijalankan sehingga akan lebih aman berjalan di jalan raya. 

2. Walaupun Kamu Boncengers, Tapi Tetap Harus Memakai Helm

Sudah menjadi peraturan wajib yang harus ditaati, pengendara sepeda motor baik itu yang mengendarai maupun yang membonceng harus memakai helm. Nah, sangat penting untuk kamu untuk menggunakan helm saat membonceng kendaraan sepeda motor. Dengan menggunakan helm kamu sudah menjadi salah satu orang yang menerapkan safety riding juga lho. 

Selain itu kamu juga perlu memakai celana panjang dan juga sepatu, apalagi jika melakukan perjalanan jauh. Perlu diketahui bahwa gangguan seperti kerikil yang terpental ke arah kakimu bisa sangat sakit jika sampai terkena badanmu. Dengan menggunakan sepatu kamu bisa mengurangi resiko ini.

3. Jangan Pernah Tidur Saat Membonceng di Sepeda Motor

Mungkin jika kamu dan pacar kamu berboncengan dengan sepeda motor dan kamu tidur di Pundak dia tentunya akan sangat romantic bukan? Ya memang romantis tapi berbahaya. Akan lebih baik jika berhenti untuk beristirahat jika kamu merasa capek dan ngantuk, bilang ke teman atau pacar kamu bahwa kamu lelah, dan ingin istirahat. 

Jika kamu sampai tertidur di atas sepeda motor akan sangat berbahaya kamu bisa terjatuh. Tentunya kamu tidak mau hal buruk ini terjadi bukan? Jadi usahakan jika merasa ngantuk dan capek silakan beristirahat sejenak di rest area

4. Terlalu Banyak Membawa Barang Bawaan

Jika kamu membonceng untuk sebuah perjalanan yang cukup jauh, memang kamu biasanya membawa barang – barang keperluan selama perjalanan. Sebaiknya membawa barang – barang ini jangan terlalu banyak. Sesuaikan dengan kebutuhan yang paling kamu butuhkan, karena ketika kamu membawa barang yang terlalu banyak kamu akan cenderung lebih cepat lelah terlebih jika kamu menggendong sendiri tas gendong. Sebisa mungkin bawa barang yang benar – benar kamu butuhkan dan juga tinggalkan barang – barang yang dirasa tidak penting.

Selain itu membawa barang yang berlebihan akan berbahaya, karena keseimbangan sepeda motor tentunya akan terganggu karena beratnya barang bawaan yang kamu bawa. Barang bawaan ini akan mengganggu keseimbangan yang bisa berakibat fatal pada kamu sendiri. 

5. Perhatikan Terus Teman Yang Mengendarai Sepeda Motor

Saat mengendarai kendaraan sepeda motor terutama dalam perjalanan jarak jauh faktor kelelahan menjadi salah satu faktor yang sering datang untuk mengganggu. Nah, terkadang pengendara sepeda motor yang berada di depan ini memaksakan diri untuk tetap berkendara dalam keadaan capek. Jadi ada baiknya jika kamu sebagai orang yang membonceng bertanya apakah capek, kalau capek istirahat dulu. Karena perjalanan jauh adalah sebuah perjalanan yang cukup melelahkan dan tidak perlu tergesa dalam mencapai tempat tujuan, yang terpenting adalah keselamatan yang harus dijadikan fokus utama. 

6. Peringatkan Teman Kamu Untuk Mengontrol Kecepatan

Sebagai orang yang duduk di jok belakang sepeda motor ada baiknya jika kita juga memperingatkan teman kita yang mengendarai sepeda motor untuk tetap mengontrol kecepatan sepeda motor di batas kecepatan yang normal. Jika dirasa terlalu cepat, silakan jangan ragu untuk memperingatkan agar lebih mudah dalam mengontrol kecepatan yang baik. 

Itu dia Tips membonceng sepeda motor yang aman dan juga nyaman, sehingga kamu tidak perlu takut lagi untuk membonceng sepeda motor. Jadi masih takut membonceng sepeda motor? Jika teman yang ngeboncengin kamu memang memperhatikan safety riding saat berkendara, membonceng kendaraan itu aman kok. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More