Kenali Blindspot Agar Lebih Waspada Di Jalan Raya

Publikasi: 1 tahun 10 bulan 7 hari 15 jam 44 menit yang lalu

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keamanan dalam berkendara di jalan raya, salah satunya adalah memahami blindspot. Blindspot dalam bahasa harafiah berarti “titik buta” yang berarti bahwa tempat kita tidak bisa melihat. Blindspot kendaraan adalah sebuah tempat yang diluar jangkauan penglihatan si pengendara. Semua kendaraan memiliki blindspot, namun setiap tipe kendaraan memiliki titik buta yang berbeda – beda sesuai dengan jenis kendaraan.

Kenapa Harus Menghindari Blindspot?

Sebagai pengendara sepeda motor yang baik dan memperhatikan keselamatan berkendara, kamu harus mengetahui alasan kenapa blindspot pada kendaraan itu sangat berbahaya untuk keselamatan diri kamu. Sebagai ilustrasi kita akan coba membahas mengenai studi kasus berikut ini. 

Bayangkan saja kamu berada di titik buta sebuah kendaraan misal sebuah mobil bak tertutup. Pada mobil bak tertutup blindspot atau titik butanya terletak di bagian belakang persis mobil tersebut. Jika kamu berada pada jarak area titik buta tersebut tentunya sopir tidak mengetahui keberadaan kamu kan? Nah, jika terjadi sesuatu misalnya si sopir ingin parkir mundur, terus kamu ada di titik buta, tentunya kamu akan tertabrak bukan?

Itulah kenapa blindspot atau titik buta ini wajib kita hindari. Jadi sebisa mungkin jangan berada di area titik buta yang ada pada kendaraan apapun itu. Tapi bagaimana cara mengetahui area blindspot dan juga area titik buta?

Cara Mengetahui Tempat Titik Buta dan Blindspot

Sebagai pengendara sepeda motor kita harus mengetahui dimana letak blindspot atau titik buta yang ada pada kendaraan lainnya. Mari kita perjelas lebih lanjut, sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui blindspot atau titik buta, karena setiap kendaraan mempunyai titik buta yang berbeda – beda. Yang jelas kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari titik buta yang ada pada kendaraan didepan atau belakang kita.

  • Usahakan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan kita. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kendaraan besar seperti bis dan truk memiliki area titik buta lebih besar dibandingkan dengan mobil kecil seperti mobil pribadi. 
  • Nyalakan lampu utama kapanpun dan dimanapun. Cara mudah untuk memberitahu posisi kita adalah dengan menggunakan sinyal berupa sorotan lampu. Dengan menjaga jarak yang aman kemudian menggunakan sorotan lampu tentunya kita sudah memberikan posisi diri kita terhadap kendaraan yang ada di depan kita.
  • Gunakan Sinyal Klakson. Jika tiba – tiba kendaraan di depan kita melakukan manuver yang aneh jangan ragu untuk memberikan sinyal berupa klakson, dengan tujuan memberikan peringatan bahwa kamu berada tepat dibelakang mereka.

Dengan tiga cara ini tentunya kita akan menjadi aman terlepas kita berada di dalam blindspot atau tidak. Tapi beberapa ahli menyebutkan bahwa blindspot atau titik buta ini terletak di ¼ bagian belakang mobil, entah itu kendaraan besar ataupun mobil pribadi, bahkan sepeda motor juga memiliki blindspot di ¼ bagian belakang. 

Cara Menghidari Blindspot Pada Kendaraan Roda Dua

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kendaraan roda dua juga memiliki blindspot atau titik buta di bagian belakan kita, atau tepatnya ¼ bagian belakang kita. Nah, untuk para pengendara sepeda motor yang ingin menghindari titik buta tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Berikut ini adalah cara untuk menghindari titik buta:

  • Jangan Sembarangan Dalam Mengganti Spion: Spion standar pabrik sudah dirancang khusus untuk mengurangi titik buta pada titik paling minimal. Sehingga cara pertama menghindari titik buta tentunya adalah dengan cara menggunakan spion standar pabrik. 
  • Jaga Jarak Aman: Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depan kamu bro, kalau tidak mau hal buruk terjadi. Kendaraan di depanmu juga tidak akan mengetahui keberadaanmu jika kamu terlalu dekat dengan kendaraan mereka. 
  • Stel Spion Sesuai Kebutuhan: Menyetel spion dengan posisi yang pas juga bisa mengurangi titik buta sampai ke level paling minimal. 
  • Lampu Tanda Seperti Sein Wajib Digunakan: Jika ingin pindah jalur, berbelok, dan juga berhenti bisa gunakan lampu tanda atau lampu sein anda untuk memberikan peringatan pada kendaraan lain di depan dan dibelakang. 

Jadi seperti itu pembahasan kita mengenai titik buta atau bisa juga disebut dengan nama blindspot. Dengan menghindari dan mengetahui mengenai titik buta dan blindspot tentunya kita menjadi lebih aman berkendara di jalan raya. Selain itu kesadaran blindspot dan titik buta sendiri terbukti mengurangi angka kecelakaan karena kita menjadi lebih waspada pada kendaraan yang ada di depan kita. 

Jadi gimana nih bro? Kamu sudah mengetahui mengenai titik buta ini? Ataukah kamu sudah mengetahuinya sudah lama? Bisa share dong pengalaman kamu mengenai blindspot ini. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya?

Label : Motor Honda Terbaru Motor Matic Terbaru Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding

Comment

User Comment

Your comment

Load More