Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

Publikasi: 1 tahun 10 bulan 9 hari 16 jam 15 menit yang lalu

Setiap menjelang bulan September di Indonesia tentunya merupakan sebuah musim yang sudah memasuki musim penghujan. Bagi banyak orang musim hujan adalah musim yang sangat ditunggu – tunggu karena bisa membuat sebuah berkah tersendiri. Namun untuk beberapa orang musim hujan menjadi sebuah momok yang mungkin harus dihindari segera mungkin. 

Bagi pengendara motor seperti kamu, tentunya hujan akan sangat merepotkan terlebih lagi jika kita lupa membawa jas hujan, wah sudah pasti kita akan basah kuyub jika memaksa berkendara ditengah hujan. Selain itu berkendara di tengah hujan, juga merupakan sebuah tantangan tersendiri karena membutuhkan skill lebih, dan tingkat kehati – hatian yang tinggi. 

Nah berikut ini kita akan membahas mengenai tips aman berkendara sepeda motor saat hujan. 

1. Gunakan Jas Hujan Mode Single

Menggunakan jas hujan model single menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikanya penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor. Dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor seperti saat tidak terjadi hujan. 

Tidak ada salahya jika membawa jas hujan dobel daripada membawa jas hujan tandem yang mungkin juga tidak terlalu efektif untuk menangkal air hujan. 

2. Jangan Asal Rem Saat Hujan Turun

Kondisi jalan ketika hujan sudah tentu basah bukan? Ketika kondisi jalan yang basah tentunya akan lebih licin daripada jalan yang kering. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Hal yang harus kamu hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah sebagai berikut:

  • Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. 
  • Manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman. 
  • aga jarak dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak. 

Teknik rem yang benar saat hujan adalah dengan melepas tuas gas pada jarak aman kemudian sedikit demi sedikit rem ditekan sehingga berhasil memperlambat sepeda motor dengan aman. 

3. Pastikan Menyalakan Lampu

Peraturan sekarang memang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya. Penggunaan lampu merupakan langkah yang baik agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain. 

4. Lebih Baik Berhenti Jika Keadaan Memburuk

Jika hujan yang turun terlalu lebat dan jarak pandang menjadi berkurang ada baiknya jika kamu berhenti saja bro. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat atau mengistirahatkan badan, hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya. Jarak pandang yang menjadi terbatas, sehingga membuat kewaspadaan kita menurun. Dengan begitu resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan akan menjadi lebih besar. 

Untuk itu solusi yang paling tepat adalah berhenti sejenak dan istirahat sejenak untuk menunggu hujan reda dan kondisi hujan membaik. 

5. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berkendara

Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan yang ada akan tergenang air, dimana kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya kita wajib meningkatkan kewaspadaan kita dalam berkendara dalam kondisi hujan. Dengan menjadi lebih waspada tentunya kita menjadi lebih berhati – hati. 

Meningkatkan kewaspadaan ini bisa kita gunakan juga pada saat berkendara pada malam hari. Jadi sebenarnya kebiasaan waspada ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pengendara sepeda motor di kondisi cuaca apapun, dimanapun, dan kapanpun. Jadi tetap waspada bro!

Jadi gimana nih bro? masih takut berkendara disaat hujan? Jangan khawatir dengan tips yang sudah ada, tentunya kamu akan aman kok berkendara saat hujan datang. Lagian sebagai seorang pengendara motor tidak ada jalan lain bukan? Atau kamu mau naik kendaraan umum juga boleh kok. 

Jika kamu punya saran lain boleh share deh bro, biar kita belajar bareng mengenai tips aman berkendara saat hujan. Jangan lupa persiapkan diri ya, sebentar lagi musim penghujan akan mulai datang. 

Label : Motor Matic Terbaru Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More