Kenali Cara Kerja Oli Mesin

Publikasi: 6 bulan 20 hari 23 jam 7 menit yang lalu

Oli berfungsi untuk melumasi seluruh bagian-bagian terkecil dari komponen yang ada di dalam mesin, terutama semua komponen yang bergerak bergesekan, agar tidak terjadi pengikisan akibat benda yang saling bergesekan, paling tidak koofisien geseknya bisa ditekan sekecil mungkin.

Peranan oli menajdi sangat penting, selain untuk meredam panas mesin, juga untuk meredam suara/noise, bayangkan jika oli mesinnya kurang, pastinya aneka suara dari mesin akan bermunculan.

Ibarat Darah Dalam Tubuh

Oli ibarat darah dalam tubuh, jadi oli juga butuh pompa seperti tubuh butuh jantung untuk memompa darah mengalir keseluruh tubuh.

Peranan pompa oli di mesin juga sangat penting, apalah artinya oli yang bagus sekalipun jika ngga bisa dialirkan sampai ujung komponen mesin kita.

Setelah oli dipompa untuk mengalir ke seluruh komponen, sebelumnya dilewatkan dulu pada filter oli, komponen ini akan menjamin bahwa oli yang akan menjadi bantalan gesekan bersih dari gram-gram sisa gesekan mesin atau benda asing lainnya.

Lepas dari filter oli akan mengalir masuk ke saluran atau celah-celah komponen mesin dan sebelum kembali ke pompa oli ada beberapa type mesin yang memiliki pendingin oli (oil Cooler) di sini oli akan didinginkan terlebih dahulu sebelum mengalir kembali ke karter mesin lanjut masuk ke ruang pompa oli lalu dialirkan lagi kedalam mesin.

Ingat efisiensi mesin terbalik dengan suhu mesin (semakin rendah suhu mesin, semakin tinggi efisiensi mesin), memang semua mesin ngga ada yang memiliki efisiensi 100% karena mesin jika bekerja memiliki temperatur.

Nah oli juga dapat mengurangi panas mesin dengan cara didinginkan dahulu sebelum masuk karter mesin.

Kapan Perlu Ganti Oli 

Jika  saat diperiksa warna oli sudah berubah menjadi hitam pekat, itu pertanda oli sudah bercampur dengan sisa kerak pembakaran yang menempel di dinding mesin, bisa jadi endapan dari sisa gesekan komponen mesin.

Periksa juga speedometer, jangan sampai melewati jarak tempuh yang sudah ditentukan, idealnya ganti oli jangan sampe melewati angka  3000km (batas maksimal), jika sering melewati jalan macet, peggantia  bisa lebih cepat  yakni di 1500km.

Oli juga bisa diganti ketika mesin mulai terasa lebih kasar cara bekerjanya. Nah, di samping itu,  kenali pula  kekentalan oli yang disimbolkan dengan SAE  (Society of Automotive Engineers), dan API (American Petrolium Institute).

Misal SAE 10W-30W (W=Winter) artinya 10W oli ini bisa di pakai pada suhu udara 10 derajat celsius, dan jika 0W berati oli ini masih bisa bekerja pada suhu titik beku air atau daerah dingin bersalju.

Semakin kecil angka W-nya biasa diaplikasi untuk mesin-mesin terkini (Spelling antar komponennya lebih rapat) dan semakin besar angka SAE-nya untuk di adopsi di mesin-mesin lawas (Spelling-nya lebih besar).

Nah, jika sudah waktunya mengganti oli,  bisa langsung kunjungi  bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Oli Motor Oli Mesin

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Catat, Ini Risiko Jarang Ganti Oli Mesin Motor

01 Februari 2024 - administrator

Mengenal Oli Mesin Dan Oli Transmisi

13 April 2022 - administrator