Kenali Dari Dekat Roller Motor Dan Pastikan Merawatnya Dengan Benar

Publikasi: 6 bulan 27 hari 12 jam 30 menit yang lalu

Roller adalah salah satu komponen penting pada sistem transmisi otomatis pada motor.  Roller motor yang berkualitas dapat meningkatkan performa motor dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi roller motor dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan kinerja motor. 

Fungsi Roller Motor

Roller motor adalah salah satu komponen utama dalam sistem transmisi otomatis pada sepeda motor. Fungsi roller motor sangat penting dalam memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang. 

Roller bekerja dengan cara menggerakkan variator, yang kemudian mengubah rasio transmisi pada CVT (Continuously Variable Transmission) sehingga meningkatkan performa motor.

Roller motor terdiri dari beberapa bagian, yaitu roller, bushing, dan pin. Roller sendiri terbuat dari bahan keras seperti baja atau paduan aluminium dan memiliki bentuk silinder dengan diameter yang berbeda-beda. 

Roller yang digunakan pada motor sport biasanya lebih kecil dan lebih ringan, sementara roller yang digunakan pada motor bebek atau skuter biasanya lebih besar dan lebih berat. 

Fungsi Roller motor:

1. Memudahkan Gerakan Variator 

Salah satu fungsi utama dari roller motor adalah untuk memudahkan gerakan variator. Variator adalah komponen penting dalam pergerakan sepeda motor. Jika roller tidak dalam kondisi yang baik, variator tidak akan dapat bergerak dengan lancar, yang akan membuat Anda merasa terganggu saat mengendarai sepeda motor.

Ketika bentuk roller tidak lagi bulat, variator akan kesulitan bergerak. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti roller jika sudah tidak dalam kondisi yang baik agar sepeda motor dapat berjalan dengan lebih lancar.

2. Menentukan Diameter Pulley

Fungsi kedua dari roller adalah menentukan diameter pulley. Roller ini akan mempengaruhi perubahan ukuran pulley yang nantinya akan mempengaruhi gerakan v-belt pada motor matic. 

Tanpa perubahan ukuran pulley, sepeda motor tidak akan mendapatkan daya yang cukup untuk dapat berjalan. Saat diameter roller berubah menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan tarikan gas, maka motor akan bergerak.

3. Pengatur Akselerasi Motor

Fungsi utama roller motor  juga  dapat mengatur akselerasi pada sepeda motor. Roller bawaan dari pabrik akan bekerja mengatur akselerasi motor agar tetap seimbang. 

Namun, jika Anda ingin memodifikasi roller untuk meningkatkan top speed, Anda perlu mengubah roller standar menjadi lebih berat. Namun perlu diperhatikan bahwa ini bisa berdampak pada akselerasi sepeda motor.

Cara Merawat Roller Motor

Roller pada sepeda motor matic harus dirawat rutin agar tetap berfungsi baik. Berikut Ini tips merawat roller motor:

1. Periksa kondisi roller secara berkala

Periksa kondisi roller setiap 3-4 bulan atau 3000-4000 km untuk mengetahui apakah roller masih dalam kondisi baik atau tidak. Cek apakah roller masih bulat dan tidak ada goresan atau kerusakan lainnya.

2. Gunakan oli mesin yang berkualitas

Penggunaan oli mesin yang berkualitas dapat membantu mengurangi gesekan antara roller dan variator sehingga roller dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

3. Gunakan roller yang sesuai dengan spesifikasi motor

Pastikan roller yang digunakan sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Gunakan roller yang direkomendasikan oleh pabrik motor atau yang telah teruji kualitasnya.

4. Jangan mengubah roller dengan berat yang berbeda secara sembarangan

Penggunaan roller yang lebih berat atau lebih ringan dari standar dapat mempengaruhi kinerja motor dan bisa berdampak pada akselerasi dan kecepatan maksimal. Jangan mengubah roller dengan berat yang berbeda secara sembarangan tanpa mempertimbangkan efeknya.

5. Hindari memodifikasi roller secara berlebihan

Jangan melakukan modifikasi roller secara berlebihan jika tidak diperlukan, karena dapat memperpendek umur roller dan berdampak pada kinerja motor secara keseluruhan.

6. Bersihkan roller secara teratur

Bersihkan roller dari kotoran dan debu secara teratur menggunakan kain yang bersih dan kering. Jangan menggunakan air atau cairan pembersih yang berbahaya untuk komponen motor.

Dengan merawat roller motor secara baik dan benar, maka roller dapat berfungsi dengan optimal dan dapat meningkatkan kinerja motor matic Anda. Oleh karena itu pemahaman terkait fungsi roller motor, cara kerja dan perawatan sangat penting. 

Nah, untuk menjaga kinerja motor tetap optimal,  ada baiknya rawat roller motor ditangan ahli. Langsung  kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Roller Motor Matic

Berita Terkait