Kenali & Rawat Gir Dengan Benar!

Publikasi: 1 bulan 11 hari 21 jam 27 menit yang lalu

Gear atau Gir menurut Kamus Umum  Bahasa Indonesia adalah  bulatan logam pipih yang bergerigi tempat rantai berpaut untuk memutar roda pada sepeda, sepeda motor dan mobil .

Dan pada kendaraaan, gir menjadi salah satu komponen penting karena  ia menjadi salah satu sistem penggerak sehingga motor bisa melaju dengan kecepatan penuh. Jadi tanpa gir jangan harap motor bisa berjalan.

Gir dan rantai terlihat  sebagai sebuah komponen yang tergolong kecil, dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Akan tetapi Gir dan rantai memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah kendaraan bermotor.

Gir menjadi salah satu komponen yang sering terlupakan oleh para bikers. Padahal Gir dan juga rantai menjadi salah satu komponen yang saling bekerja sama didalam kendaraan roda dua. 

Berikut tips menjaga juga merawat Gir motor Anda:

1. Gunakan Gir set berkualitas bagus, dan benar-benar kuat. Jangan terpaku pada model juga Gir set yang  hanya berpenampilan menarik 

2. Bersihkan rantai sebulan sekali, dengan air dan juga sabun, untuk merontokan kotoran dan juga debu yang menempel

3. Selalu gunakan chain lube dan juga chain wax untuk melindungi rantai dari penumpukkan debu dan keausan, mengurangi kebisingan dan gesekan rantai, mencegah terbentuknya karat pada rantai. Jangan  gunakan oli bekas apalagi gemuk dan oli gardan!

4. Selalu setel Gir juga rantai dalam posisi center, agar berkendara lebih nyaman dan juga lebih seimbang

5. Ketika Gir sudah mengalami aus, segera ganti dengan yang baru, dan ada baiknya ganti satu set.

6. Usai motor menerjang banjir juga hujan deras, semprot  bagian rantai dan gir dengan air PAM agar tidak menimbulkan karat 

Nah itulah  tips  merawat Gir yang perlu Anda ketahui! Semoga perfoma motor Anda semakin nyaman saat dikendarai. 

Label : Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Gear Motor Gir

Comment

User Comment

Your comment

Load More