Kenali Pelekmu, Jaga Jangan Sampai Berkarat Dan Bengkok

Publikasi: 5 bulan 19 hari 13 jam 13 menit yang lalu

Pelek jari-jari motor merupakan salah satu  jenis pelek yang banyak digunakan pada motor klasik atau motor off-road. Berbeda dengan pelek palang yang terdiri dari besi-besi berukuran tebal, pelek jari-jari terdiri dari gabungan banyak tangkai besi yang dipasangkan saling menyilang. 

Karena terdiri dari rangkaian besi tipis, pelek ini akan terasa ringan namun tetap kokoh, dan dapat memudahkan motor untuk bermanuver di berbagai medan. 

Meskipun begitu, perawatan pelek jari-jari cenderung lebih sulit dibandingkan pelek jenis lainnya. Banyaknya jari-jari pelek membuatnya lebih susah untuk dicuci, sehingga seringkali meninggalkan karat. 

Pelek jari-jari yang sudah mulai berkarat harus segera diganti bagian jari-jarinya, agar tidak patah dan menyebabkan kerusakan pada bagian karet ban. 

Ada tanda sederhana yang mengindikasikan bahwa pelek pada motor perlu diganti. Yakni saat pelek karat atau keropos, karena umur pakai yang sudah lama atau di daerah yang mudah menimbulkan karat.

Pelek rusak yang tidak segera diperbaiki atau diganti dapat menyebabkan kebocoran ban. Bagian dalam karet ban juga bisa sobek, akibat bentuk pelek yang sudah tidak proposional lagi. 

Sebagai pemilik motor, kamu  harus segera melakukan penyetelan apabila jari-jari pada pelek motor sudah terasa tidak kencang. Dan wajib sering memeriksa secara berkala  pada bagian jari-jari pelek. Apabila kendur,  harus disetel ulang 

Untuk menghindari kerusakan pelek jari-jari, rajinlah membersihkan serta memperhatikan kebiasaan berkendara. Lakukan pembersihan bagian ring pelek dan jari-jari, untuk mengurangi timbulnya karat pada pelek. 

Hati-hati apabila melewati jalan yang berlubang. Karena kalau diterjang, bisa mengakibatkan pelek penyok.

Label : Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare Velg Motor Pelek Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More