Kenapa Jas Hujan Motor Model Ponco Itu Berbahaya?

Publikasi: 11 bulan 13 hari 16 jam 35 menit yang lalu

Jas hujan motor harus selalu kamu bawa, terutama di musim hujan. Model apa yang kamu punya? Setelan atau ponco? Kalau selama ini masih membawa dan memakai jas hujan model ponco itu, sebaiknya kamu segera membeli yang model setelan. Bukan, ini bukan situs jualan jas hujan setelan.

Ini semua demi keselamatan kamu dan si ehem gebetanmu itu. Soalnya, jas hujan motor model ponco ini, bisa bikin celaka. 

Ini bahaya jas hujan motor model ponco

Sambil membaca artikel ini, coba deh kamu pegang dan pandangi jas hujan ponco (kalau kamu punya). Berikut ini alasan kamu sebaiknya ga lagi menggunakan jas hujan motor model ponco. 

1. Punya desain berbahaya:

Jas hujan motor model ponco ini memiliki desain lebar. Dengan modelnya yang lebar, jas hujan ini bisa nyelip ke roda motor. Iya, nyelip! Kalau sudah begini, roda, rantai, dan gear motor kamu bisa ngadat. Duh, ga usah dilanjutin lagi akhirnya kalau begini ya.

2. Malah bikin makin basah:

Lebih lebar bukan berarti lebih baik dalam menghalau hujan. Kamu lihat sendiri dong, jas hujan motor model ponco ini sebenarnya kayak kantong tanpa ujung. Ga ada kancing atau resleting sebagai “perekat”. Ga heran, kamu malah makin basah kuyup kalau pakai jas ponco ini. Soalnya, ada banyak celah buat air hujan untuk menerabas masuk. 

3. Mengganggu keseimbangan:

Pernah ga, ngerasa jas hujan motor model ponco punyamu itu, menggembung waktu dipakai nerjang hujan. Kondisi ini bisa terjadi akibat angin yang masuk, lagi-lagi dari begitu banyak celah di jas hujan. Kalau sudah begini, keseimbanganmu waktu lagi naik motor, bisa berkurang. Pastinya ini bahaya!

4. Menbatasi kemampuan berkendara:

Jas hujan motor model ponco ini bisa jadi tempayan dadakan waktu kamu naik motor hujan-hujanan. Coba kamu bayangin, bagian depan jas hujan, apalagi kalau kamu naik motor matik, bisa menampung air hujan. Kalau udah begini, kamu malah jadi ga konsen di jalan. Ga konsen karena sibuk menyingkirkan air di tempayan dadakan itu. Semakin ga konsen, semakin berisiko juga kamu di jalanan.

Terus, harus pilih jas hujan motor seperti apa dong?

Ternyata, jas hujan model ponco ini memang tidak dirancang untuk dipakai sembari naik motor. Yang ideal untuk melindungi tubuh kamu dan gebetan dari derasnya hujan adalah jas hujan model setelan, yang terdiri dari jaket dan celana. 

Mengapa jas hujan motor model setelan jaket dan celana ini dinilai aman untuk naik motor. Soalnya, jas hujan jenis ini, tidak akan menghambat pergerakan tangan, kaki, kepala, dan anggota tubuh yang lain ketika berkendara.

Yang tak kalah pentingnya saat membeli jas hujan motor model setelan, pastikan kamu memilih yang berwarna terang. Pastikan juga jas hujan kamu memiliki bahan yang bisa memantulkan cahaya di belakang punggung. Apa pentingnya sih?

Hujan bisa mengganggu jarak pandang. Makanya, bahan jas hujan yang bisa memantulkan cahaya itu, bisa menyelamatkan bukan cuma nyawa kamu dan gebetan abadimu itu, tapi juga orang-orang di sekitar. 

Nah, sudah tahu kan sekarang, jas hujan motor seperti apa yang sebaiknya kamu pakai? Kalau masih menyimpang jas hujan model ponco, sebaiknya kamu pensiunkan saja, ya.

Referensi:

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-4838280/ingat-ya-ini-alasan-jas-hujan-ponco-jauh-lebih-berbahaya

https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/05/172200215/walau-simpel-jas-hujan-ponco-bisa-bawa-petaka


Label : Tips Merawat Motor ExciteYourRide Tips Motor Honda Jas Hujan Motor Jas Hujan Tips Saat Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More