Kenapa Matik Nggak Kuat Nanjak?

Publikasi: 2 bulan 19 hari 22 jam 14 menit yang lalu

Penggunaan motor tipe matik  memang lebih banyak ketimbang motor bergigi. Penggunaan motor matik diyakini lebih simpel dan mudah. Cukup menarik gas dan rem untuk menjalankannya. Dan kaki tidak perlu sibuk mengatur transmisi.

Selain itu, rem di motor matik ada pada tangan. Ini  memberikan kemudahan pengendaranya. 

Namun, sayangnya, motor matik  lebih banyak  hanya cocok  digunakan di area perkotaan yang  jalanannya bagus,  lurus, halus dan minim tanjakan, jadi tidak butuh dorongan tenaga yang terlalu besar.

Namun penggunaan skutik di area pedesaan bakal mengalami kesulitan, karena kondisi jalan  yang  tidak halus plus juga  kerap ada tanjakan. Ini pula yang justru jadi salah satu kelemahan motor skutik. 

Sebetulnya, penyebab motor matic tidak kuat menanjak bisa  terjadi karena  banyak hal. 

Sistem transmisi skutik menggunakan v belt tidak sama seperti pada penggunaan motor manual. Jika motor manual menggunakan rantai dan gear, sehingga membuat tarikan lebih bertenaga. Dan saat motor menanjak, akan mudah diatur kekuatannya. 

Apa sebab Motor Matic Nggak  Kuat Nanjak

Jika matic tidak bertenaga, dan kamu kesulitan mengendalikannya pada saat berkendara. Ada baiknya berikan perawatan yang tepat,  dan lakukan secara  berkala. 

Selain itu, wajib juga mengenali komponen dan fungsinya. Apa saja yang perlu di check? Nih simak ya:

Filter Udara 

Ini salah satu sebab motor matic tidak kuat nanjak, yakni filter udara kotor. Dan  ini menghalangi asupan udara ke ruang bakar.

Kondisi itu bisa mengurangi tarikan mesin sehingga tidak kuat menaiki tanjakan. Cara mengatasi masalah ini cukup dengan memberikan perawatan dan membersihkannya.

Bersihkan filter udara dengan kompresor. Jika komponen sudah tidak layak pakai, lebih baik diganti. Oecayalah,  penggantian ini mampu membuat motor jadi lebih punya tenaga.

Karburator 

Salah satu penyebab motor matic tidak kuat nanjak juga bisa karena karburator kotor. Motor skutik memang menggunakan karburator sehingga sebaiknya berikan perawatan secara berkala.

Jangan biarkan karburator kotor. Sebagai tempat pembakaran bahan bakar, fungsinya cukup penting. Sehingga tenaga yang dihasilkan dari sini berpengaruh pada komponen tersebut. Pembakaran kurang optimal ketika komponen kotor. Ini membuat tenaga jadi loyo 

Check Jarum Skep 

Bagian jarum skep ini penting.Sebab, ketika komponen ini setelannya tidak pas, langsung akan mempengaruhi kinerja kendaraan..

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda #hondacare Motor Matic

Comment

User Comment

Your comment

Load More