Kesalahan Sepele Pengendara Motor Yang Bisa Bikin Fatal

Publikasi: 1 tahun 2 hari 23 menit yang lalu

Pengendara sepeda motor melakukan sebuah kesalahan itu adalah yang biasa. Manusia biasa juga melakukan kesalahan, dan pengendara sepeda motor atau kita ini, bro juga adalah seorang manusia, jadi adalah hal yang wajar untuk melakukan kesalahan. Tapi yang jadi masalah adalah kita tidak belajar dari kesalahan yang sering kita lakukan. 

Di sini kita akan mengetahui beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Beberapa kesalahan sepele ini adalah kesalahan yang bisa menyebabkan akibat yang sangat fatal, jadi sebaiknya kamu membacanya dengan cermat untuk bisa belajar dari beberapa kesalahan sepele ini. 

Oke langsung saja kita lihat satu persatu kesalahan sepele pengendara sepeda motor yang bisa berakibat sangat fatal. 

Meletakkan Jari Di Atas Tuas Rem

Pengereman saat mengendarai sepeda motor adalah sebuah skill yang memang harus dilatih dan dibiasakan agar mampu mengerem dengan cara yang efektif. Dengan meletakkan jari di atas tuas rem sudah pasti kamu tidak akan lolos jika melakukan tes saat pembuatan SIM sepeda motor atau SIM C. Meletakkan jari di atas tuas rem merupakan sebuah kesalahan sepele yang bisa berakibat sangat fatal. 

Pertama, hal ini membahayakan karena dengan reflek yang sering kita buat kita pasti akan menekan tuas rem tersebut secara mendadak yang bisa mengakibatkan kita tergelincir dan bisa terjatuh. Belum lagi hal ini akan membuat kendaraan di belakang kita menjadi kaget dan bisa menimbulkan kecelakaan yang beruntun. 

Tekik pengereman yang baik adalah menggunakan 4 jari secara bersamaan jadi jari berada di tuas gas, bukannya di atas tuas rem. Barulah ketika kita ingin melakukan pengereman keempat jari kita menekan tuas rem secara bersamaan. 

Mengganti Spion Standar Pabrik

Entah alasan penggantian spion standar pabrik ini dilakukan atas dasar apa, tapi ngaku saja bro, kalian pasti pernah kan mengganti spion standar pabrik ini? Nah, penggantian spion ini tidak dianjurkan lho, karena bisa membahayakan bagi kamu sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

Tapi kenapa penggantian spion ini bisa membahayakan? 

Jadi, spion standar pabrik sudah didesain untuk bisa melihat keadaan kendaraan yang ada dibelakang dan juga sekitar kamu dengan maksimal. Dengan menggantikan spion standar pabrik ini tentunya mengurangi pandangan yang ada di belakang kita. Apalagi spion modifikasi yang sangat kecil, tentunya malah kita tidak bisa melihat apapun yang ada di belakang kita bukan?

Tidak Menyalakan Lampu Utama Di Siang Hari

Percaya atau tidak menyalakan lampu utama sepeda motor di siang hari sangatlah membantu pengguna jalan lain. Mungkin kamu pernah berpikir bahwa melakukan hal ini sangat tidak ada gunanya bukan? Tapi sebenarnya dengan menyalakan lampu utama di siang hari ini akan membantu pengguna jalan lain untuk mengetahui keberadaan kamu lho bro. 

Selain itu peraturan lalu lintas juga sudah mengatur mengenai hal ini lewat Pasal 107 UU 22/2009, yang mewajibkan semua jenis kendaraan untuk menyalakan lampu pada malam hari dan kondisi tertentu. Dan khusus untuk sepeda motor diwajibkan menyalakan lampu depan dan belakang menyala di siang hari atau dikenal dengan nama aturan Daytime Running Light (DRL).

Biasanya kendaraan sepeda motor di jaman sekarang ini sudah otomatis nyala kok dan sudah tidak memiliki saklarnya. Tapi untuk kendaraan dibawah tahun 2012 mungkin masih ada beberapa yang belum memiliki fitur ini sehingga kamu harus selalu menyalakannya. 

Tidak Menggunakan Safety Gear Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor

Ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. “kan cuma deket aja sih ngapain pake helm” atau “Nggak ada polisi juga, ngapain make helm?” Sering kalimat seperti ini terdengar di kehidupan sehari – hari. Pemakaian safety riding gear ini sangatlah penting dan juga sangatlah vital. 

Kemanapun kamu pergi, berapapun jarak yang kamu tempuh, dan juga terlepas ada polisi lalu lintas atau tidak, kamu tetap harus menerapkan safety gear ini. Kamu harus selalu menggunakannya ketika mengendarai kendaraan sepeda motor. 

Safety gear ini akan membantu mencegah hal yang tidak diinginkan, dan mengurangi dampak buruk jika terjadi sesuati kepada kamu, seperti kecelakaan dan juga lain – lain. 

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More