Komponen Motor Custom Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Publikasi: 7 bulan 7 hari 16 jam 33 menit yang lalu

Motor custom merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk kendaraan yang diubah secara drastis penampilannya. Entah itu berkaitan dengan bentuk rangka, bodi atau bahkan mesinnya. 

Keberadaan motor custom ini memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas motor custom yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Tak hanya itu, orang-orang yang sudah menganggap motor custom sebagai bagian dari hobinya juga tak segan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan modifikasi secara menyeluruh terhadap komponen kendaraan roda dua mereka. Bahkan seringkali biaya modifikasi yang dikeluarkan justru lebih mahal daripada harga dari motor itu sendiri sebelum dibuat menjadi custom. 

Namun demikian, jenis motor custom ini membutuhkan perawatan yang juga lebih ekstra jika dibandingkan motor pada umumnya. Tak terkecuali ketika berada di musim penghujan seperti saat ini. Berikut beberapa komponen motor custom yang perlu diperhatikan setelah digunakan untuk berkendara di tengah hujan.

Komponen Motor Custom yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

1. Rangka motor

Motor custom seringkali identik dengan spakbornya yang pendek. Hal tersebut seringkali menimbulkan masalah pada saat berkendara di tengah hujan atau saat melewati genangan air. Karena kondisi spakbornya yang pendek menyebabkan genangan air tersebut menciprat hingga ke bagian rangka motor.

Akibatnya, selain rangka motor menjadi kotor, genangan air hujan juga dapat memicu timbulnya korosi atau karatan pada komponen tersebut. Maka dari itu, setelah berkendara menerobos hujan atau melewati genangan air kotor, ada baiknya Anda segera memandikan dan membilas kendaraan tersebut dengan air bersih yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk melarutkan seluruh zat asam yang terkandung dalam air hujan untuk menghindari terjadinya karatan.

2. Bagian rantai

Berikutnya, Anda juga harus mengecek bagian rantai motor secara rutin dan berkala. Terutama jika Anda baru saja berkendara motor di tengah kondisi jalanan yang turun hujan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air hujan memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan terjadinya karatan pada komponen kendaraan yang berbahan besi. Salah satunya yang paling sering terdampak oleh hal ini ialah sektor rantai motor.

Selain dapat menyebabkan rantai lebih mudah atau cepat berkarat. Air hujan juga dapat melarutkan pelumas yang terdapat pada rangkaian rantai motor tersebut. Artinya, Anda tak hanya harus membilas kendaraan Anda dengan air bersih, namun juga harus memberikan pelumas tambahan pada komponen rantai motor agar tetap berfungsi secara optimal.

Hindari penggunaan oli bekas sebagai pelumas rantai, karena hal ini akan berdampak buruk terhadap usia pakai rantai tersebut jika digunakan terus menerus.

3. Ban motor

Kondisi ban motor juga harus diperhatikan sebelum Anda berkendara di tengah musim penghujan. Pastikan tekanan angin pada ban depan dan belakang ideal sesuai dengan anjuran dari pabrik. Idealnya, tekanan ban motor depan adalah sekitar 29 - 31 psi sedangkan untuk ban belakang sekitar 31 - 33 psi.

Tekanan angin pada ban motor yang terlalu rendah atau tidak ideal akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama berkendara di jalan. Tak hanya itu, daya cengkraman ban motor pun akan menjadi lebih rendah atau kurang maksimal. Alhasil, risiko terjadinya ban selip atau tergelincir saat melakukan pengereman pun akan lebih tinggi. 

4. Knalpot

Jika motor Anda menggunakan knalpot yang berbahan besi, maka perangkat yang satu ini juga layak mendapatkan perhatian lebih ekstra di musim hujan. Sama halnya seperti rangka motor dan rantainya yang terbuat dari besi, komponen knalpot juga sangat rawan mengalami karatan. Terlebih, letak komponen ini cukup terbuka dan sangat mudah bagi air hujan untuk menempel di sana hingga menyebabkan terjadinya korosi jika dibiarkan begitu saja.

Nah, jika Anda sudah sampai di rumah, jangan lupa untuk langsung membersihkan seluruh bagian motor. Termasuk juga knalpot dan komponen detail lain yang terbuat dari besi. 

Nah, itulah tadi beberapa komponen motor custom yang harus mendapatkan ekstra perhatian pada saat musim hujan. 

Jangan sampai kelalaian Anda menyebabkan kerugian pada diri sendiri di masa mendatang. Karena seperti yang kita tahu, komponen motor custom seringkali dibandrol dengan harga yang mahal dan fantastis. 

Anda tentu tidak mau rugi dan melihat kendaraan Anda memiliki luka karatan di beberapa bagiannya, bukan? So, jangan malas untuk memandikan dan membilas kendaraan Anda setelah digunakan untuk menerobos hujan, ya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Wahanahonda Komponen Motor Honda Ban Motor Tips Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More