Lagi Diboncengin? Ini Aturannya Biar Tetap Aman Di Jalan

Publikasi: 2 tahun 6 bulan 9 hari 12 jam 38 menit yang lalu

Selain bagi pengendara motor, tips agar aman di jalan pun bisa dipelajari oleh penumpang atau orang yang membonceng. Sebab, mengendarai motor seorang diri tentu berbeda dibandingkan ketika dibonceng. Untuk membonceng pun, ada tips amannya, lho!

Mengikuti tips aman ketika membonceng tidak hanya penting bagi keselamatan diri sendiri, tapi juga pengendara motor. Lalu, seperti apa langkah aman yang penting dilakukan waktu membonceng motor?

Cara aman untuk membonceng motor

Saat ini, masih cukup banyak penumpang yang belum menyadari pentingnya menjaga keselamatan saat membonceng. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya, ya. Oleh karena itu, simak tips aman berikut ini.

1. Kenakan perlengkapan safety riding

Meski Anda tidak berada di belakang kemudi langsung, tetap kenakan perlengkapan safety riding. Termasuk helm standar SNI. Sebab, kecelakaan di jalan raya tidak pandang bulu. Selain itu demi keamanan, sebaiknya Anda memakai sepatu tertutup, bukan sandal.

2. Hindari menjadi orang ketiga

Orang ketiga bukan hanya istilah untuk perusak kebahagiaan pasangan yang berpacaran. Penumpang boti alias bonceng tiga juga bisa disebut sebagai orang ketiga. Sama-sama berbahaya. Makanya, kalau sudah ada yang membonceng, Anda tidak usah menambahi dengan menjadi penumpang berikutnya. Sebab, keseimbangan motor pasti akan terganggu, dan keselamatanlah taruhannya.

3. Tidak memakai rok lebar

Perhatikan pilihan busana ketika sedang membonceng. Jangan pakai rok lebar panjang yang menjuntai. Soalnya, bawahan semacam ini berisiko masuk ke roda bahkan rantai motor, yang tentu saja sangat berbahaya.

4. Perhatikan posisi duduk

Memegang behel di sisi belakang motor memang menjadi pemandangan umum. Namun demi keselamatan, Anda jangan melakukannya. Kalau segan memegang pinggang pengendara, letakkan tangan pada lutut. Selain itu, jangan duduk terlalu mundur. Sebab, posisi ini berisiko menambah beban di belakang. Usahakan untuk memusatkan beban di bagian tengah.

Sebagai penumpang, Anda pun punya kewajiban untuk mengingatkan pengendara agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, kalau Anda mengetahui bahwa pengendara belum lancar naik motor, sebaiknya jangan membonceng. Tentu saja ini demi keselamatan Anda berdua.

Referensi:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/4184066/tips-aman-dan-nyaman-boncengan-naik-sepeda-motor

https://sumut.idntimes.com/automotive/motorbike/arifin-alamudi/jangan-asal-ini-7-cara-aman-dan-nyaman-berboncengan-naik-sepeda-motor/7

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda WahanaHonda Tips Boncengan

Berita Terkait