Lampu LED Keren Tapi Bikin Mika Motor Meleleh

Publikasi: 17 hari 1 jam 25 menit yang lalu

Perkembangan pasar otomotif di dunia, terutama sepeda motor semakin pesat.  Di tengah gelombang perkembangan itu,  pemakaian lampu LED pada motor  pun semakin marak.

Pemakaian Lampu LED diminati karena jenis lampu ini tampak menarik dan estetik. Dan membuat tampilan sepeda motor semakin gaya dan keren. Namun, apakah fungsinya juga memainkan peran penting?  Mari kita pelajari secara bersama.

Lampu sepeda motor berperan untuk sistem keamanan dalam berkendara. Komponen ini terpasang untuk menerangi jalan ketika kendaraan berada pada area gelap.  Namun dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, membuat lampu motor  terutama bagian depan memiliki banyak fungsi.

Selain sebagai penerangan, juga berfungsi untuk membuat tampilan lebih bergaya. Lampu LED unggul pada berbagai aspek. Mulai dari pemakaian yang cukup lama, tahan guncangan, hemat energi, ramah lingkungan, dan masih banyak yang lainnya

Menggunakan lampu LED memang lebih berkualitas dari bohlam. Namun ada efek lampu LED pada motor yang perlu Anda pahami.

Kenali Efek Lampu LED pada Motor Modifikasi

LED atau light emitting diode merupakan salah satu jenis lampu yang kini semakin populer. Bahkan sebagian besar sepeda motor menggunakannya untuk menerangi saat berkendara. LED memiliki cahaya jauh lebih terang jika dibandingkan dengan bohlam. 

LED juga  digada-gada sebagai lampu lebih hemat energi. Tidak ada salahnya jika Anda tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan memahami dan mengetahuinya, tentu akan membuat Anda lebih tepat dalam memutuskan pemakaian. Sebaiknya sebelum memilih menggunakannya, perlu dipahami beberapa hal yang mempengaruhinya. 

Berikut ini beberapa efek ketika sepeda motor Anda menggunakan lampu LED.

Cahaya Kurang Jelas

Secara umum, cahaya yang dihasilkan lampu LED memang lebih terang dibandingkan dengan bohlam. Namun cahaya putih yang dihasilkan justru menjadi kurang jelas jika sedang berkendara di tengah hujan.

Tidak hanya itu saja, lampu ini juga menghasilkan sinar dingin, namun menimbulkan panas pada mesin.

Bikin Boros Aki

Pemakaian aki akan terasa lebih boros karena beban tarukan “listrik” untuk lampu cukup besar.  Karena lampu LED memiliki pencahayaan yang terang mempengaruhi pemakaian aki.

Karena alasan ini, pabrikan sepeda motor tidak menganjurkan jika pemiliknya melakukan modifikasi mengganti lampu bohlam dengan LED.

Mika Bisa Meleleh

Efek yang lain mungkin akan terjadi yaitu mika lampu dapat meleleh. Hal ini terjadi karena lampu memiliki daya jauh lebih besar. Efek yang dapat dihasilkan mengakibatkan panas, akhirnya membuat rumah lampu dan reflektor meleleh. 

Ini jelas akan merugikan pemilik sepeda motor. Mau tak mau Anda harus lakukan perbaikan jika mengalami hal tersebut.

Ketika hendak melakukan modifikasi pada bagian lampu, sebaiknya perhatikan beberapa hal. Bahkan termasuk efek lampu LED motor yang biasa terjadi. Sehingga Anda tidak akan kaget ketika mengalaminya.

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Lampu Motor #hondacare Lampu LED

Comment

User Comment

Your comment

Load More