Langkah Mudah Merawat Gear & Rantai Sepeda Motor

Publikasi: 3 tahun 6 bulan 5 hari 19 jam 9 menit yang lalu

Gear dan rantai jadi salah satu komponen pekerja keras di sepeda motor. Komponen ini bekerja meneruskan putaran mesin ke roda belakang untuk menggerakan seluruh bagian motor, khususnya pada tipe bebek dan sport.

Seiring usia pemakaian, kinerja kedua komponen ini akan berkurang. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan agar gear dan rantai selalu dalam performa terbaiknya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya merawat dan membersihkan gear dan rantai motor agar fungsinya tetap optimal :

1. Bersihkan Secara Rutin

Selain ban, rantai adalah bagian penting sepeda motor yang paling mudah kotor karena lebih sering tekena debu, air dan bahkan lumpur. Gear dan rantai yang bersih akan menjaga performanya selalu dalam kondisi prima. Selain itu, motor juga akan terlihat bersih dan klimis.

Maka dari itu, bersihkan komponen tersebut secara rutin. Jangan lupa selalu lumasi rantai setelah dicuci dengan sabun agar sambungan mata rantai tak kering dan cepat aus.

2. Berikan Pelumas Khusus Rantai

Lumasi rantai hingga ke celah mata rantai dengan pelumas khusus. Langkah ini membuat rantai tidak mudah aus. Selain itu, bisa membantu membersihkan sisa kotoran, debu maupun air yang menempel pada sela rantai.

Jangan lumasi rantai dengan oli bekas, karena malah membuatnya lebih mudah kotor dan tidak awet.

3. Gunakan Sepesifikasi Sesuai Anjuran

Gunakan gear dan rantai asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Perubahan ukuran rantai dan jumlah mata gear akan berpengaruh pada performa motor.

4. Lakukan Penyetelan Secara Rutin

Rantai yang terlalu tegang atau terlalu kendur menimbulkan resiko rantai putus atau terlepas dari mata gear. Hal ini jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Lakukan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30mm hingga 25-35mm.

Langkah perawatan rantai di atas bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama. Perlu diingat, gaya berkendara juga akan memengaruhi usia pakai gear dan rantai motor.

5. Ganti Gear dan Rantai Secara Bersamaan

Jika harus mengganti komponen tersebut, maka lakukan penggantian gear dan rantai secara bersamaan karena usia pakai ketiga komponen tersebut adalah sama.

Jika performa motor terasa mulai menurun, jangan ragu untuk melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel resmi Honda. Atau konsultasikan setiap permasalahan yang terjadi ke mekanik Honda berpengalaman di bengkel AHASS terdekat.

Sumber : https://www.astra-honda.com/artikel/after-sales/langkah-mudah-merawat-gear-rantai-sepeda-motor

Service Motor Perawatan Motor Wahana Makmur Sejati Tips Motor Honda Servis Motor WahanaHonda #WahanaHonda

Berita Terkait