Benda Yang Harus Dibawa Saat Berkendara Jarak Jauh

Publikasi: 14 hari 23 jam 38 menit yang lalu

Berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor memang memerlukan persiapan khusus tersendiri. Hal ini dikarenakan Anda akan menghabiskan banyak waktu berkendara di jalan. Selain itu, sebelum berkendara Anda juga harus memastikan bahwa kondisi motor Anda sudah berada dalam kondisi baik sepenuhnya. Ada baiknya juga Anda melakukan service motor terlebih dahulu sebelum menggunakan kendaraan tersebut untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Ini bertujuan agar seluruh komponen dalam kondisi prima dan Anda bisa berkendara lancar tanpa hambatan.

Tak hanya itu, Anda pun juga harus berada dalam kondisi tubuh yang prima. Jangan sampai kondisi tubuh yang sedang tidak fit membuat pengalaman berkendara Anda jadi kurang nyaman dan membahayakan. Anda pun diharuskan membawa beberapa perlengkapan yang menunjang keselamatan hingga peralatan reparasi motor apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan di tengah jalan.

Nah, pada artikel berikut ini Wahana Honda akan memberikan Anda beberapa informasi mengenai benda yang wajib dibawa saat akan berkendara jarak jauh. Apa saja itu? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya!

Benda yang Harus Dibawa Saat Berkendara Jarak Jauh

1. Vitamin dan obat-obatan

Bagi Anda yang terbiasa berkendara jarak jauh, pasti seringkali mengonsumsi obat atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini penting agar Anda tidak mudah lelah ataupun kehilangan fokus saat berkendara di jalan.

Jika Anda sering mengalami mabuk perjalanan, mengonsumsi obat-obatan sebelum berangkat juga bisa dijadikan opsi agar terhindar dari mual ataupun pusing di tengah jalan. Dengan demikian, Anda bisa lebih menikmati keindahan alam dan perjalanan Anda pun jauh lebih menyenangkan.

2. Jaket yang tebal

Berkendara jarak jauh artinya Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan cara mengenakan jaket yang tebal. Jaket yang tebal ini akan melindungi Anda dari terpaan angin sehingga tidak mudah kedinginan ataupun masuk angin. 

Angin yang masuk ke dalam tubuh seringkali membuat Anda kita terasa mual hingga menyebabkan mabuk perjalanan. Maka dari itu, pastikan untuk senantiasa membawa jaket ketika akan menempuh perjalanan jarak jauh.

3. Helm SNI

Sudah jelas bahwa helm menjadi salah satu komponen yang perlu dan wajib Anda kenakan saat berkendara. Penggunaan helm akan membantu Anda dalam melindungi kepala dari benturan benda tumpul. Entah saat Anda jatuh karena kecelakaan ataupun saat ada orang yang berniat buruk seperti begal. 

Bagaimana pun kepala adalah salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki organ vital di dalamnya yakni otak. Maka dari itu, penting untuk mengenakan helm yang berstandar nasional agar saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda masih bisa selamat.

4. Pelindung lutut

Misalnya Anda berkendara jarak jauh untuk touring bersama teman. Maka mengenakan pelindung lutut atau knee protector menjadi salah satu yang direkomendasikan. Sesuai namanya, pelindung lutut ini akan melindungi lutut Anda dari gesekan pada aspal misalkan Anda jatuh terpeleset di jalan. Dengan demikian, risiko terjadinya luka berat pun bisa dihindari.

5. Peralatan reparasi motor

Beberapa perangkat yang sering digunakan untuk memperbaiki motor seperti obeng, kunci pas, tang penjepit dan lain sebagainya juga wajib Anda bawa saat akan berkendara jarak jauh. Hal ini guna menghindari apabila motor yang ditumpangi mogok di tengah jalan dan membutuhkan perbaikan sesegera mungkin.

Terlebih jika motor Anda mogok di tengah jalanan yang sepi. Anda tentu tidak akan memiliki waktu untuk mencari bengkel terdekat. Maka dari itu, bawalah peralatan reparasi yang sekiranya dapat digunakan sewaktu-waktu dalam bagasi motor Anda.

Demikianlah artikel mengenai benda atau barang apa saja yang wajib Anda bawa saat berkendara jarak jauh. Membekali diri dengan barang-barang yang sudah disebutkan di atas akan membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman dan menyenangkan. So, jangan disepelekan, ya!

Label : Touring Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Wanda Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More