Mana Yang Lebih Baik, Mengisi Angin Ban Motor Menggunakan Angin Biasa Atau Nitrogen?

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 22 hari 20 jam 1 menit yang lalu

Menjaga tekanan angin pada ban untuk kendaraan bermotor, baik itu mobil ataupun motor, adalah wajib dilakukan. Hal tersebut dikarenakan jika tekanan angin menurun, maka di saat kendaraan digunakan di jalanan, maka dapat memunculkan risiko kecelakaan, seperti terjadinya selip dan sebagainya.

Apabila beberapa dekade lalu semua ban mobil hanya diisi dengan menggunakan angin yang keluar dari kompresor saja, sekarang ini banyak yang beralih mengisinya dengan nitrogen. Dan ternyata saat ini tidak hanya didominasi kendaraan roda empat saja, banyak juga pengendara motor yang melakukan hal yang sama, yaitu mengisi nitrogen pada ban mereka walaupun harganya lebih mahal dari pengisian angin biasa.

Alasan umum memilih nitrogen daripada angin kompresor

Alasannya adalah cukup simple, yaitu karena dengan mengisi ban dengan nitrogen, tekanan di dalam ban lebih awet dibandingkan dengan angin biasa dari kompresor. Namun, apakah benar anggapan semacam itu? Berikut penjelasannya.

Penjelasan teknis

Ternyata anggapan bahwa dengan mengisi nitrogen maka tekanan dalam ban lebih awet dibandingkan angin biasa dari kompresor adalah benar. Hal tersebut dikarenakan nitrogen dapat menjaga kestabilan tekanan di dalam ban. Selain itu, dikarenakan molekul dari nitrogen lebih besar dibandingkan dengan angin biasa, maka hal tersebut dapat menjaga tekanan tidak mudah berkurang secara drastis.

Selain itu, angin dari kompresor memiliki kandungan air yang dapat memuai saat temperatur luar sedang panas atau juga kendaraan digunakan dalam jangka waktu lama. Dengan pemuaian tersebut, maka akan membebani kendaraan karena ban lebih berat dan dapat berisiko membuat ban pecah. Sedangkan nitrogen sendiri tidak memiliki kandungan air dan tidak dapat menguap atau memberatkan kendaraan.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan nitrogen daripada angin kompresor biasa, maka temperatur di dalam ban juga lebih stabil atau tidak mudah mengalami peningkatan panas. Hal tersebut dirasa sangat bagus, terutama untuk motor yang digunakan dalam jangka waktu lama di jalan raya atau dikendarai dengan jarak tempuh yang jauh. 

Jadi ketika digunakan untuk keseharian atau perjalanan jauh, dengan mengisi ban menggunakan nitrogen, tekanan dan juga temperator di dalam ban akan statis, tidak akan melonjak naik atau turun drastis. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Tire Ban Motor Tips Aman Bermotor Bagi Wanita

Comment

User Comment

Your comment

Load More