Mengenal Sunburn Speedometer Yang Menjadi Momok Motor Dengan Sistem Speedometer Digital

Publikasi: 3 tahun 10 bulan 18 hari 3 jam 5 menit yang lalu

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar pernyataan satu ini, namun tidak sedikit yang sudah mendengar dan meyakininya, yaitu motor dengan speedometer digital tidak boleh terlalu lama atau sering diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Hal itu dikhawatirkan dapat merusak kelistrikan pada sistem digitalnya tersebut. Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan singkatnya berikut.

Apa itu sunburn speedometer?

Seperti yang tertera pada namanya, sunburn yang memiliki artian terbakar matahari dan speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan, diartikan sebagai pengukur kecepatan pada motor yang terbakar matahari atau dalam artian sederhana adalah speedometer yang terpasang pada motor menjadi rusak karena paparan panas sinar matahari.

Benarkan anggapan bahwa matahari dapat merusak speedometer digital?

Jawabannya adalah tergantung seberapa lama motor yang bersangkutan berada di bawah sinar matahari. Apabila hanya maksimal 1 jam saja, ada kemungkinan tidak ada pengaruh yang signifikan. Akan tetapi akan menjadi benar ketika Anda meletakkan motor dengan speedometer digital di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama dan secara terus menerus atau setiap hari, maka hal tersebut dapat membuat komponennya menjadi rusak.

Penyebab sunburn speedometer

Tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari. Dengan terbakar dan menjadi rusaknya polarizer tersebut, maka peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel.

Jangan mengganti filter polarizer secara manual

Memang ada kalanya merasa sudah mengerti mesin dan akhirnya berani mengganti filter poralizer tersebut secara manual. Hal tersebut sangat tidak disarankan karena ada kemungkinan sistem pada filter polarizer tersebut tidak dapat kembali normal seperti rakitan awal pabrik. Oleh karenanya disarankan sekali untuk membawanya ke dealer resmi daripada harus membetulkan sendiri atau membawanya ke bengkel umum.

Harga dari filter polarizer baru

Harga dari filter polarizer baru setiap motor berbeda-beda, hal tersebut disebabkan besar kecilnya ukuran panel layar dan komponen pendukungnya. Namun apabila dipakai sebagai parameternya saja, maka harga dari filter polarizer baru kurang lebih sebesar Rp1 jutaan.

Cara atasi sunburn polarizer

Tidak ada cara yang benar-benar teknis untuk dapat mengatasi permasalah sunburn speedometer tersebut. Cara teraman satu-satunya adalah dengan tidak meletakkan motor dengan sistem speedometer digital di bawah sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama. Apabila terpaksa harus diletakkan di bawah sinar matahari, maka gunakan penutup agar tidak secara langsung terkena paparan panas.

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Speedometer Motor Speedometer

Berita Terkait