Mau Belajar Naik Motor? Lakukan Ini Biar Aman

Publikasi: 24 hari 2 jam 44 menit yang lalu

Belajar naik motor itu gampang-gampang susah. Percaya diri saja tidaklah cukup. Skill dan kematangan umur pun diperlukan. Jadi sebelum memutuskan belajar naik motor, Anda sebaiknya mempelajari beberapa hal ini.

Ketika belajar naik motor, teknik dan etika berkendara tidak boleh dikesampingkan. Sebab jika hanya asal-asalan bisa naik motor, keselamatan malah jadi taruhannya. Bukan hanya keselamatan diri sendiri, melainkan juga pengguna jalan di sekitar Anda.

Langkah aman belajar naik motor

Sebelum mulai belajar naik motor, pastikan Anda sudah cukup umur. Selanjutnya, sebaiknya Anda tidak sendirian, meski merasa sudah yakin punya segudang ilmu di kepala. Semuanya demi keamanan dan keselamatan.

Lalu, seperti apa langkah-langkahnya?

1. Minta ditemani yang berpengalaman

Langkah pertama adalah minta bantuan orang yang sudah berpengalaman naik motor. Misalnya teman atau keluarga. Selain itu, tak ada salahnya mencari informasi dari berbagai institusi yang biasanya menggelar workshop safety riding. Anda bisa mempelajari teknik berkendara yang benar di sana.

Dengan pendampingan yang tepat, risiko kecelakaan bisa ditekan. Selain itu, Anda juga semakin cepat menguasai cara mengendarai motor.

2. Cari lokasi yang sepi

Lokasi ideal untuk belajar naik motor adalah yang sepi. Namun, bukan berarti Anda harus ke pedalaman. Cobalah cari lahan kosong di perumahan, serta area yang memang biasanya dimanfaatkan untuk belajar naik motor.

Jadi, Anda tidak akan membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan. Selain itu, lokasi yang sepi pun akan membantu Anda lebih tenang dan berkonsentrasi ketika belajar naik motor. Setelah lebih percaya diri dan lancar, barulah Anda disarankan mencoba naik motor di jalan yang agak ramai.

3. Pelajari fungsi-fungsi motor

Sebaiknya, Anda tidak hanya menguasai teknik naik motor, melainkan juga fungsi-fungsinya. Sebab, belum tentu selalu ada teman untuk mendampingi di perjalanan. Jadi jika motor suatu saat mengalami kendala, Anda pun bisa berusaha mencari solusinya. Yang mendasar adalah fungsi rem dan gas pada motor. Pastikan Anda menguasainya dengan baik.

Setelah mengetahui tiga langkah aman belajar naik motor, pastikan Anda menggunakan perlengkapan yang diperlukan, terutama helm. Meski baru belajar dan hanya berkendara dengan kecepatan rendah, bukan berarti Anda seratus persen aman dari risiko terjatuh. Selain itu, lakukanlah evaluasi pribadi setiap selesai berlatih. Jadi, latihan pun bisa dilakukan dengan lebih efektif di kemudian hari.

Referensi

https://www.liputan6.com/otomotif/read/4142536/baru-mau-belajar-motor-perhatikan-hal-hal-ini

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/rizal/tips-biar-kamu-gak-takut-saat-pertama-kali-belajar-mengendarai-motor/6

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Naik Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More