Lakukan Ini Waktu Lewat Bawah Konstruksi Jalan Layang

Publikasi: 22 hari 3 jam 25 menit yang lalu

Terpaksa melewati jalanan di bawah konstruksi jalan layang alias flyover, tak jarang bikin hati was-was dan deg-degan. Banyak orang yang cenderung ngebut, karena ingin cepat-cepat meloloskan diri dari sana. Sebenarnya, apa saja yang harus diwaspadai?

Terlebih, tak jarang pengerjaan konstruksi flyover ini berlangsung di jam-jam ramai pengendara. Pencahayaan yang kurang dan keterbatasan jarak pandang menjadi kondisi yang harus Anda antisipasi ketika hendak lewat bawah proyek semacam ini.

Tips naik motor di bawah pembangunan flyover

Setidaknya ada tiga tips aman bagi Anda untuk mengendarai motor melewati jalanan di bawah konstruksi jalan layang. Apa saja tipsnya?

1. Melihat jauh ke depan

Tips pertama yang harus selalu Anda ingat dan lakukan adalah melemparkan pandangan mata jauh ke depan. Dengan cara ini, pandangan bisa semakin luas. Tentu saja hal ini penting untuk mengantisipasi berbagai risiko kecelakaan. 

Bukan berarti Anda harus sering-sering menengadahkan kepala. Jangan, ini malah berbahaya. Anda bisa melihat jauh ke depan, sebelum memasuki terowongan di bawah pembangunan jalan layang tersebut.

2. Menjaga jarak aman

Para pengendara cenderung memperlambat laju motor ketika mendekati atau sedang melewati jalanan di bawah konstruksi flyover. Oleh karena itu, selalu jaga jarak aman. Terlebih, ada kemungkinan jalanan tersebut rusak tapi tidak terlihat, karena minimnya pencahayaan.

3. Pilih sisi jalan yang aman

Tips selanjutnya adalah memilih sisi jalan yang menurut Anda paling aman. Bagaimana mengetahui sisi yang paling aman? Sebelum mendekati jalanan tersebut, lempar pandangan ke bagian atas dan cari posisi para pekerja konstruksi. Nah, yang dianggap aman adalah jalanan yang tidak berada di bawah pekerja kontruksi.

Selain ketiga tips berkendara aman tersebut, pastikan Anda menutup kaca helm ketika hendak melintasi jalanan tersebut. Sebab, area tersebut berpotensi dipenuhi debu yang beterbangan. Jika sampai terkena mata dan kelilipan, keselamatan berkendara bisa jadi taruhannya.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan helm dengan standar SNI. Sebenarnya, perlengkapan ini wajib Anda kenakan ketika berkendara, bukan hanya semata-mata ketika tahu akan melalui jalanan di bawah konstruksi flyover.

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/100200015/cara-aman-pengendara-motor-lewat-bawah-konstruksi-flyover


Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More