Wahana Honda

Mau Beli Motor Bebek? Baca Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya!

Publikasi: 7 bulan 1 hari 23 jam 58 menit yang lalu

Tahukah kamu bahwa menurut penelitian PewResearch di 2015, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan kepemilikan sepeda motor di setiap rumah? Bagaimana tidak, ditengah kemacetan yang mulai merata, motor menjadi transportasi paling efektif untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak salah kalau kamu memikirkan untuk membeli motor bebek atau matic. Selain bisa melaju lincah di jalan, sepeda motor juga lebih aman dari sisi emisi dibandingkan dengan mobil dan bus.

Membeli kendaraan tentu keputusan yang besar. Di tengah pesatnya pembelian motor matic, motor bebek yang identik dengan masa Orde Baru ini memiliki tempat spesial di komunitas pengendara sepeda motor. Dewasa ini, motor bebek memilik banyak variasi, mulai dari jenis lampu depan sampai model knalpot yang berbeda-beda.

Model sepeda motor bebek berawal dari sepeda dengan tambahan motor di Eropa pada 1950an. Secara umum, motor bebek memiliki ukuran mesin 50cc – 120cc. Tapi, apa saja sih kelebihan dan kekurangan sepeda motor bebek?

Akselerasi yang nyaman

Adanya fitur kopling pada sepeda motor bebek menyebabkan akselerasi sepeda motor bebek lebih halus dan cepat ketimbang motor matic. karena ada perbedaan gigi, motor bebek dapat lebih responsif dalam menyesuaikan kecepatan dengan putaran mesin pada masing-masing gigi. Bagi kamu yang butuh melaju dari satu tempat ke tempat lain dengan efisiensi waktu maksimal, hal ini bisa jadi pertimbangan kamu.

Lebih irit bahan bakar!

Karena dapat mengatur kecepatan dengan fitur kopling, pembakaran mesin pun jadi lebih efisien. Berbeda dengan motor matic yang harus menggunakan putaran gas yang lebih banyak dan menghasilkan pembakaran yang tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh sistem fully automatic motor matic yang tidak bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara

Lebih cepat pegal!

Kalau kamu mengendarai motor matic, kamu dapat mengistirahatkan tangan dan kaki kamu saat menghadapi kemacetan. Hal ini tidak dialami pengendara motor bebek. Kamu harus siap sedia menekan kopling untuk mengganti gigi, menyesuaikan kekuatan mesin dengan jarak pendek yang harus kamu tempuh saat macet. Kalaupun motor bebek kamu tidak memiliki fitur kopling, kamu tetap harus mengganti gigi setiap kali kamu berhenti dan jalan.

Suku cadang yang mudah didapatkan

Sama seperti kebanyakan moda transportasi manual lainnya, sepeda motor bebek memiliki banyak pilihan dan jumlah suku cadang. Dan serupa dengan moda transportasi automatic lainnya, motor matic tidak memiliki keleluasaan yang sama dengan motor bebek. Pasalnya, karena rangkaian yang saling tersambung, motor matic memiliki suku cadang yang lebih rumit dan menyatu ketimbang motor bebek. Motor bebek memiliki nuansa yang serupa dengan mainan bongkar pasang. Satu suku cadang bisa dipakai di motor yang berbeda asalkan memiliki bentuk dan nuansa yang serupa.

Harga beli yang lebih murah

Dari beberapa poin di atas, bisa disimpulkan bahwa harga belo motor bebek lebih rendah dibandingkan motor matic. Contohnya, motor keluaran Honda dengan harga paling murah di masing-masing model memiliki selisih lebih dari satu juta. Motor matic Spacy CW FI dibandrol di harga 14,4 juta, sedangkan motor bebek New Revo FI Fit ada di kisaran harga 13,1 juta. Bagi kamu yang mencari moda transportasi darat yang bisa membawa kamu dengan cepat, murah, dan dapat dimiliki, motor bebek tampaknya jadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Sulit dikendarai

seperti koin yang memiliki dua sisi yang berlawanan, motor bebek pun demikian. Fitur kopling yang menjadi faktor plus dalam akselerasi dan iritnya bahan bakar menjadi hal yang mengganggu bagi pengendara pemula. Pasalnya, selain dituntut untuk menyeimbangkan sepeda motor, kamu juga harus mengganti gigi secara teratur.

Terlebih dengan banyaknya variasi pada motor bebek, penempatan kopling pada satu motor dengan yang lainnya berbeda. Alhasil, kamu butuh waktu penyesuaian pada setiap varian motor bebek. Dengan kata lain, kamu butuh waktu untuk memahami motor bebek sebelum lancar berkendara.

Label :

Comment

Your comment
Load More
Berita lainnya

Belum ada berita terkait