Mau Sunmori? Ikuti Tips Ini Biar Berakhir Happy

Publikasi: 4 bulan 25 hari 21 jam yang lalu

Istilah Sunday morning riding alias sunmori belakangan makin sering seliweran di medsos. Ga heran, karena istilah tersebut memang dipopulerkan oleh para vlogger dan blogger. Seuai namanya, kegiatan ini dilakukan dengan mengendarai motor di hari Minggu pagi.

Weekend termasuk hari Minggu memang identik dengan jalanan yang lebih sepi dibanding hari kerja. Namun bukan berarti Anda bisa bebas sebebas merpati menggunakan jalanan untuk bermotor bersama teman-teman.

Tips Aman Waktu Sunmori

Pada dasarnya, tips aman berkendara ketika sunmori tidak ada bedanya dibanding berkendara di momen lainnya. Berikut ini yang tetap harus Anda lakukan ketika berkendara motor, termasuk waktu sunmori bersama teman-teman.

  • Pakai helm ber-SNI
  • Kenakan baju lengan panjang atau jaket
  • Kenakan celana panjang
  • Pakai sepatu, bukan sandal
  • Pakai sarung tangan
  • Gunakan buff, masker, ataupun balaclava

Di samping itu, berkendaralah dengan etika. Masih ingat dong, insiden pemotor yang harus ditindak Paspampres waktu sunmori di Jl. Veteran III Jakarta Pusat, yang merupakan kawasan Ring 1 Istana Negara? Jangan sampai sunmori berakhir ga happy karena Anda tidak tertib berkendara, ya!

Yang tak kalah penting di masa pandemi ini ketika sunmori adalah selalu menerapkan protokol kesehatan.

Protokol Kesehatan Berkendara Selama Pandemi

Protokol kesehatan selama pandemi bukan hanya soal memakai masker dan rajin mencuci tangan, lho. Berikut ini langkah-langkah yang juga penting dilakukan waktu sunmori di masa pandemi.

1. Menjaga Jarak

Anda mungkin akan beramai-ramai sunmori bersama teman. Namun harus diingat, jagalah jarak dengan pengendara lain. Salah satunya dengan mewaspadai area yang menjadi sumber kemacetan di Minggu pagi.

2. Mencari Rute Aman

Berkaitan dengan keharusan untuk menjaga jarak, carilah rute yang aman, dalam artian tidak membuat Anda sering berhenti dan berhimpitan dengan pengendara lain. Meski sudah merencanakan rute jauh-jauh hari, selalu periksa kondisi jalan dengan aplikasi yang mudah diakses melalui smartphone, untuk mendeteksi titik-titik rawan kemacetan.

3. Mengurangi Transaksi dengan Uang

Anda mungkin akan melakukan transaksi ketika sunmori, entah itu ketika mampir sarapan atau harus membayar parkir. Sebisa mungkin, hindarilah transaksi dengan uang fisik di masa pandemi seperti sekarang. Pilihlah tempat yang menerima pembayaran dengan dompet digital.

4. Memastikan Kesehatan Pribadi

Pastikan Anda dalam keadaan sehat sebelum sunmori bersama teman-teman. Tentu Anda tidak ingin mengalami, “Bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian,” kan? Jika merasa tidak enak badan, jangan paksakan diri untuk ikut berkeliling kota naik motor.

5. Membuat Prioritas

Sebenarnya di atas semuanya itu, yang harus Anda prioritaskan adalah kesehatan dan keselamatan. Jika memang aktivitas sunmori ini bisa ditunda sampai kondisi aman dari Covid-19, maka tundalah rencana tersebut.

Anda mungkin merindukan sunmori seperti halnya sebelum pandemi berlangsung akibat Covid-19. Namun yang juga tak kalah penting untuk dirindukan adalah teman, keluarga, dan diri sendiri yang sehat. Jadi, pilihannya ada di tangan Anda, sekarang.

Referensi

  • https://tiketresmi.com/sunmori-adalah/
  • https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-5120629/15-langkah-aman-dan-sehat-naik-motor-saat-pandemi

Label : Touring Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More