Membuat Rantai Motor Tetap Awet

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 28 hari 22 jam 47 menit yang lalu

Rantai motor menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan. Karena fungsi dari rantai  adalah sebagai penggerak roda,  yang akan meneruskan putaran roda gigi depan ke roda gigi belakang sehingga roda belakang berputar. 

Mengingat keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara selama  kita di jalan, maka rantai motor menjadi salah satu bagian yang cukup vital.

Bayangkan tanpa rantai, tentu motormu tidak bisa berjalan. Apalagi jika rantaimu sampai putus ketika dikendarai di tengah jalan. Tentu hal ini akan sangat membahayakan. 

Karenanya perlu adanya perawatan maksimal dan menyeluruh agar rantai pada motor tetap awet.

Berikut beberapa cara perawatan pada rantai motormu.

1. Rutin Dibersihkan 

Selain bagian ban, rantai jadi bagian yang mudah kotor. Ini mudah diduga karena  ban  dan rantai kerap melintasi pasir,  tanah, air bahkan lumpur. Karena dari itu, rantai perlu mendapat perhatian yang lebih intens.

Sebagai pemilik kendaraan, kamu harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor untuk menghindari karatan dan beberapa masalah lainnya. Kamu bisa menggunakan berbagai macam produk cleaner (pembersih) untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motormu agar lebih optimal.

2.Pakai Pelumas 

Banyak orang bilang, gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Sebenarnya,  ini cara yang kurang tepat. Karena oli bekas yang dioleskan pada rantai motor justru bisa menimbulkan kerusakan hingga membuat rantai motor tidak awet. 

Sebenarnya cairan oli bekas sudah terkontaminasi kotoran yang ada di mesin. Jadi, bukannya membuat rantai motor bersih, malah membuatnya kotor dan cepat rusak.

Karenannya, pastikan menggunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai motor. 

3. Rutin Cek Setelan Rantai 

Biasakan, sebelum berkendara, selalu periksa kondisi rantai motormu. Lihat  apakah  ban kurang angin, atau rantai kendur? Jika kendur, maka perlu disetel ulang.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa motor ke bengkel.Sebab, rantai yang kendur ataupun terlalu kencang dapat membahayakan si pengendara maupun pengendara motor lainnya di jalan raya. 

4. Original Lebih Pasti

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Memang dibandingkan secara harga,  yang KW jauh lebih murah. 

Namun perlu diketahui, ada harga, ada rupa. Biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa saja bahkan cenderung buruk.  Jadi, tak ada salahnya kamu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan rantai original atau resmi dari brand motormu.

Itulah beberapa cara merawat rantai agar  motor jadi jauh lebih awet. Semua cara  tersebut bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda #hondacare Tips Motor Rantai Motor Rantai

Berita Terkait