Wahana Honda

Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Musim Hujan

Publikasi: 5 bulan 13 hari 16 jam 58 menit yang lalu

Di tengah cuaca yang tidak menentu, para pengendara harus selalu siap dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba. Khususnya saat hujan datang dan bisa menjadi malapetaka jika Anda tidak mempersiapkan motor dengan kondisi yang prima. Ban juga termasuk aspek penting untuk menjaga keselamatan berkendara di jalanan. Ban seperti apa yang tepat digunakan di kondisi hujan?

Ban yang baik meliputi banyak aspek, mulai dari komponen ketebalan, lalu diikuti dengan tekanan angin, pola alur, pola ukiran, ukuran, hingga dimensi.

Pastikan jika ban motor Anda tidak ‘botak’. Tingkat ketebalan ban menjadi faktor penting untuk menjaga kondisi ban saat mengaspal

Pastikan juga tekanan angin sesuai dengan ban dan motor Anda yang sesuai dengan standar. Jika angin terlalu banyak, akan berisiko motor mengalami oleng karena titik tumpu ban tidak sesuai. Sama halnya jika terlalu sedikit, motor juga bisa oleng karena jalannya motor tidak seimbang.

Pola alur dan ukiran harus disesuaikan sehingga motor bisa dapat leluasa berada di jalan yang becek atau basah karena hujan. Dengan pola ukiran dan alur yang sesuai, ban dapat meramal kapan ia harus mencengkram jalan dan terhindar dari tergelincir di jalanan yang licin.

Ukuran dan dimensi ban tidak boleh luput dari sorotan. Motor Honda sendiri sudah memastikan jika ukuran ban standar yang disediakan sesuai dengan ukuran bodi motor dan velg untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Jika Anda memilih ban yang berukuran kecil, hal ini bisa menyebabkan motor dapat cepat tergelincir karena tidak mampu menopang bodi motor.



Jika terlalu besar-pun motor akan lebih susah bergerak karena beban yang bertumpu pada motor tersebut menyulitkan kendaraan untuk bergerak.

Selalu pastikan Anda menggunakan komponen yang tepat dan sesuai pada bodi motor dan pabrikan yang telah disediakan oleh motor Honda agar selalu aman berkendara tidak hanya di musim hujan tapi juga di musim kemarau.












Label : Bebek Matic Sport

Comment

Your comment
Load More