Wahana Honda

Alasan Mengapa Titanium Diminati Bikers

Publikasi: 5 bulan 14 hari 17 jam 46 menit yang lalu

Titanium, salah satu logam dengan nama Ti di dalam tabel periodik ini ternyata memiliki fungsi yang menarik jika diaplikasikan di motor. Sebagai logam yang paling berlimpah, nyatanya titanium juga paling diminati para biker, khususnya penikmat motor sport.

Penggunaan titanium untuk mobil sudah bukan lagi menjadi hal baru. Titanium biasa digunakan untuk pengunci rem dan injeksi bahan bakar. Namun untuk motor, penggunaannya masih terbatas karena harga yang ditawarkan terbilang masih terlampau tinggi. Dengan harga yang diatas rata-rata, kualitas yang ditawarkan juga tidak kalah wah.

Kuat & ringan

Berkilo-kilo titanium jika dibandingkan dengan logam lain tetap akan keluar menjadi pemenang sebagai jenis logam yang terkuat. Jika membutuhkan spare parts yang ringan namun kuat, titanium bisa diandalkan. Motor Sport Honda lawas, NR750 merupakan salah satunya yang memanfaatkan titanium untuk setang pispot, klep, serta bodi. Untuk seri terbaru motor Sport Honda, tersedia Honda CBR1000RR SP yang menggunakan material titanium untuk tangki dan knalpot. Dengan penggunaan bahan ini, tentu bobot motor sport ini jauh lebih ringan.

Untuk bagian mesin, konsepnya juga serupa. Semakin ringan mesin yang digunakan, semakin cepat juga motor mesin bergerak dan mengurangi tekanan pada bagian-bagian yang terkait.

Cepat panas & dingin

Pada saat mesin dihidupkan, titanium mampu membuat knalpot dan mesin lebih cepat panas daripada knalpot yang menggunakan bahan stainless steel dan lebih cepat dingin saat dimatikan. Dengan kata lain, kenaikan dan penurunan suhu jauh lebih cepat dengan knalpot berbahan titanium. Butuh waktu kurang lebih sekitar 17 menit untuk mendinginkan mesin dengan knalpot stainless steel sedangkan hanya butuh waktu 5 menit saja untuk knalpot titanium untuk mesin dingin kembali saat dimatikan.

Kesan Eksklusif

Logam titanium amat diminati di segala sektor, terlebih untuk sektor transportasi. Banyak industri yang telah memborong material ini, termasuk dengan maskapai sehingga stok titanium menjadi minim. Dengan minimnya stok yang ada di pasaran, membuat harga titanium jadi melonjak dan belum bisa dipastikan kapan harga titanium bisa bersaing di pasaran. Karena sulit & mahalnya mendapatkan materi logam inilah yang membuat penggunaan titanium di motor, khususnya motor sport memiliki kesan eksklusif.


Pilih material yang sesuai dengan kebutuhan motor Anda, jika ingin mendapatkan tampilan dan kondisi terbaik, jangan ragu untuk menggunakan spare parts terbaik untuk motor sport Anda.


Label : Bebek Matic Mesin

Comment

Your comment
Load More