Mengenal Fungsi Busi Dan Jenis-jenisnya

Publikasi: 3 tahun 2 bulan 9 hari 6 jam 41 menit yang lalu

Busi merupakan salah satu komponen yang selalu ada di setiap kendaraan. Baik mobil maupun motor, komponen ini memegang peran yang cukup penting meskipun bentuknya kecil. 

Secara sederhana, busi memiliki fungsi untuk mengolah tegangan listrik yang berasal dari koil untuk kemudian diubah menjadi percikan api yang nantinya akan membantu proses pembakaran. Nah, jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik maka proses pembakaran yang terjadi serta jalannya mesin tidak akan optimal. Bahkan jika busi ditiadakan maka motor Anda pun mustahil untuk menyala.

Nah, setelah mengetahui betapa pentingnya komponen kecil yang satu ini. Anda juga harus mengetahui bahwa busi memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki usia pakai berbeda. Pada artikel berikut, Wahana Honda akan memberikan Anda informasi mengenai hal tersebut.

Jenis-jenis Busi Motor

1. Busi standar

Pertama ada busi standar yang merupakan bawaan dari pabrik produsen motor. Busi ini adalah yang paling sering atau banyak digunakan dan dijual di bengkel. Usia pakainya cukup beragam, mulai dari 10-20 ribu km untuk pemakaian normal. Lebih dari itu, busi akan bekerja kurang maksimal. Di mana hal ini dapat mempengaruhi motor Anda yang sulit untuk dinyalakan.

Untuk itu jika dirasa busi motor yang Anda gunakan sekarang sudah kurang prima. Sebaiknya segera diganti dengan yang baru daripada harus mengorbankan pengalaman Anda berkendara selama di jalan raya. Karena tak hanya akan susah dinyalakan, busi yang sudah usang juga dapat membuat motor mogok sewaktu-waktu.

2. Busi iridium

Berikutnya ada jenis busi iridium yang biasa digunakan oleh motor dengan mesin ber-cc besar di atas 150. Jenis busi yang satu ini memiliki ujung elektroda yang terbuat dari bahan nikel. Sedangkan untuk bagian tengah atau center-nya terbuat dari iridium alloy.

Untuk usia pakainya sendiri, jenis busi yang satu ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 40-50 ribu kilometer. Lebih dari itu kinerjanya akan menurun perlahan sehingga harus segera diganti.

Salah satu kelebihan dari penggunaan jenis busi yang satu ini adalah dapat membantu mengurangi beban ketika sistem mesin menyala. Tegangan listrik dan percikan api yang dihasilkan pun akan keluar dalam porsi yang ideal sehingga proses pembakaran akan berjalan dengan lebih baik.

3. Busi racing

Sesuai namanya busi racing lebih direkomendasikan untuk motor yang digunakan dalam arena balap dan membutuhkan akselerasi maksimal bagi kendaraannya. Jenis busi racing dirancang khusus untuk tahan terhadap temperatur mesin yang tinggi. Meski demikian, usia pakai busi yang satu ini tergolong cukup singkat karena hanya berkisar antara 20-30 ribu kilometer dan harus diganti setelahnya.

Dilihat dari harganya, busi racing biasanya dibandrol dengan rentang harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis busi yang lain. Karena memang jenis busi ini tidak diperuntukkan semua jenis motor. Melainkan hanya untuk motor berkapasitas mesin besar maupun yang full modifikasi.

4. Busi platinum

Selanjutnya ada jenis busi platinum yang juga sering disebut sebagai busi semi racing. Perbedaan yang terletak pada jenis busi ini dibanding yang lain ada pada ujung elektrodanya yang didesain agak lancip.

Dilihat dari komposisinya, busi platinum memiliki ujung elektroda yang terbuat dari nikel sedangkan bagian center-nya dari platinum. Sehingga pengaruh panas yang disalurkan ke busi tersebut jauh lebih kecil dibandingkan busi standar pada umumnya.

Busi platinum memiliki kelebihan di mana api yang dihasilkan akan lebih cepat membesar, lebih responsif sekaligus memiliki durabilitas yang cukup tinggi. Bahkan juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Untuk usia pakainya sendiri, busi ini dapat digunakan hingga 30 ribu km. 

5. Busi resistor

Terakhir ada jenis busi yang bernama resistor. Biasanya memiliki logo huruf R di bagian busi tersebut. Secara umum, busi ini memiliki fungsi sebagai pelindung perangkat elektronik digital yang terpasang pada kendaraan dan ECU pada motor injeksi modern. Bisa berupa speedometer ataupun perangkat lain yang sering dipasang. 

Nah, itulah tadi beberapa jenis busi motor yang perlu Anda ketahui. Masing-masing busi memiliki fungsi atau kegunaannya tersendiri bagi kendaraan. Sehingga tak setiap busi dapat diaplikasikan untuk semua kendaraan, ya.

Cari Aman Honda Sport Motoshow Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Busi Motor

Berita Terkait