Mengenal Jenis-jenis Ban Motor Dan Fungsinya

Publikasi: 24 hari 13 jam 34 menit yang lalu

Ban motor memiliki peran yang cukup penting dalam operasional sebuah kendaraan. Selain digunakan untuk menggerakkan motor, komponen ini juga berfungsi untuk menyangga beban berat pada kendaraan baik itu berupa penumpang maupun barang bawaan. Selain itu, adanya ban juga akan membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah. 

Melihat dari fungsinya yang cukup vital membuat para pengendara motor harus senantiasa memberikan perhatian lebih pada komponen yang satu ini. Selain itu penting juga bagi para pemilik kendaraan untuk mengetahui jenis-jenis ban motor yang beredar di pasaran. Pasalnya, masing-masing jenis ban motor memiliki fungsinya tersendiri. 

Nah, pada artikel berikut kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda. Penasaran, kan? Simak lengkap artikelnya sampai tuntas, ya.

Jenis-jenis Ban Motor dan Fungsinya

1. Ban motor semi slick

Jenis yang pertama adalah ban motor semi slick. Di mana ban jenis ini lebih sering digunakan oleh kendaraan motor sport. Secara umum, ban jenis ini jauh lebih cepat gundul atau aus ketika digunakan berkendara dibandingkan ban motor biasa.

Ini disebabkan karena jenis ban motor yang satu ini terbuat dengan karet yang tipis. Sehingga hanya bisa digunakan dalam jangka pendek atau menempuh jarak sekitar 1.600 km.

Namun di balik komposisi karetnya yang tipis. Ban ini ternyata memiliki daya cengkram yang cukup baik, lho. Tak heran jika jenis ban motor semi slick cenderung lebih sering digunakan dalam arena balapan.

2. Ban sport touring

Bagi Anda yang senang melakukan touring dengan berkendara motor, maka perlu mengetahui jenis ban yang satu ini. Jenis ban motor sport touring cocok untuk digunakan berkendara jarak jauh dan melintasi jalanan dalam berbagai medan. 

Selain itu ban ini juga lebih stabil dan tidak mudah cepat panas. Sehingga jauh lebih awet jika dibandingkan dengan ban motor semi slick. Jenis ban ini biasa digunakan oleh kendaraan ber-cc menengah ke atas.

3. Ban offroad

Selanjutnya ada jenis ban offroad yang secara visual saja sudah terlihat berbeda dengan jenis ban pada umumnya. Fungsi dari ban offroad ini adalah untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa. Mulai dari jalanan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lain sebagainya.

Terbuat dari bahan dasar karet yang keras, ban ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Sayangnya, karena diperuntukkan menempuh jalanan yang bermedan sulit, jenis ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kurang jika untuk melewati jalanan aspal yang mulus.

4. Ban tubeless

Jenis ban yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Mengingat saat ini sudah banyak pengendara motor yang menggunakan jenis ban ini untuk kendaraan mereka. 

Ban tubeless sendiri sebenarnya merupakan jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam lagi. Sehingga usia pakai ban jenis ini jauh lebih awet dibandingkan ban biasa pada umumnya.

Ban ini juga cocok untuk menemani pengalaman berkendara Anda kemana pun. Terlebih jika Anda ingin berkendara jarak jauh yang mana faktor ban bocor seringkali menjadi momok bagi para pengendara. Ban tubeless  juga digadang-gadang cukup stabil untuk menempuh perjalanan dengan kecepatan tinggi serta cocok untuk digunakan berkendara di musim penghujan.

5. Ban dry racing dan wet racing

Sesuai namanya kedua jenis ban ini biasa digunakan untuk di arena balap motor. Berbeda dengan jenis ban lain, ban racing biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal selain itu juga memiliki usia pakai yang cukup singkat. Sehingga sangat tidak cocok untuk digunakan dalam rutinitas harian.

Pada jenis dry racing, ban tersebut lebih cocok digunakan untuk medan jalanan yang kering atau terik. Sedangkan wet racing adalah ban yang direkomendasikan untuk berkendara di arena balap yang basah atau sedang turun hujan.

Karena memiliki permukaan dengan pola yang minim, membuat cengkraman ban ini akan sangat kuat untuk bermanuver di jalan.

Nah, itulah tadi beberapa jenis ban motor yang perlu Anda ketahui. Masing-masing jenis ban memiliki fungsi atau kegunaannya sendiri. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan sembarang jenis ban untuk berkendara di medan jalanan tertentu. Karena selain tidak direkomendasikan, hal tersebut juga dapat berbahaya bagi keselamatan Anda.

Demikianlah artikel dari kami, semoga bermanfaat dan selamat berkendara dengan nyaman!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Ban Motor #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More