Mitos Atau Fakta : Salah Mematikan Motor Canggih, Bisa Bikin Aki Tekor?

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 13 hari 14 jam 26 menit yang lalu

Hampir seluruh produsen motor  telah memakai beragam teknologi dan fitur canggih. Side stand switch menjadi salah satu teknologi yang disematkan untuk mempermudah pengoperasian motor matik. 

Melalui fitur ini, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan. Pada bagian pangkal standar, dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. 

Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar. Namun, berkat kecanggihan teknologi baru ini, banyak pengguna motor yang justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping, bukan memutar kunci kontak. 

"Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi hal ini membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera di posisikan ke off

Jika saat mematikan mesin lewat standar samping fungsi kelistrikan motor masih bekerja. Sebut saja lampu utama dan panel instrumen yang masih bekerja.

Maka dari itu, jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Apalagi pada motor yang lampunya belum LED, membutuhkan arus listrik yang lebih besar. 

Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Kalau kunci kontaknya tidak di off, pasti baterai  dijamin soak. Jadi inget-inget ya, tetap matikan motormu dari kunci kontak!

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Aki Motor

Berita Terkait