Mitos Dan Fakta Terkait Motor, Yuk, Tes Pengetahuan Anda!

Publikasi: 11 bulan 23 hari 11 jam 6 menit yang lalu

Tak bisa dipungkiri bahwa motor memang menjadi kendaraan favorit semua kalangan. Mulai dari ibu-ibu sampai mahasiswa, merasa lebih nyaman naik motor di tengah kemacetan. Hanya satu alasannya, motor sudah pasti bisa berjalan lebih gesit dan menyalip sana-sini.

Namun meski banyak digunakan, ternyata tak sedikit pula pengendara yang belum mengetahui fakta-fakta di balik motor. Bagaimana dengan Anda? Yuk, cek di sini!

Goyangkan motor saat isi bensin bikin pengisian lebih maksimal

Pasti sering ya, melihat pengendara yang sibuk menggoyangkan motornya saat sedang isi bensin? Sebenarnya hal ini perlu tidak, sih? Jawabannya adalah tidak! Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggoyangkan motor, maka bensin akan masuk ke sela-sela mesin dan membuat pengisian lebih maksimal. Padahal nih ya, di dalam motor ada tangki khusus untuk menyimpan bensin yang ukurannya tidak akan berubah. Jadi mau digoyang seperti apa pun, kalau sudah mencapai batas maksimal pengisian ya pasti tak bisa ditambah lagi.

Makin lama memanaskan motor, makin baik untuk mesin

Kebiasaan memanaskan motor terlalu lama justru bikin bensin cepat habis dan udara penuh polusi karena asap kendaraan. Sebab di masa ini, mesin motor sudah cukup canggih sehingga langsung siap dikendarai hanya dengan 2 menit pemanasan saja. Mitos ini mungkin berasal dari zaman dulu, di mana motor membutuhkan waktu lama untuk memanaskan mesinnya. Ya, kecuali kalau yang Anda punya motor lawas, mungkin masih perlu memanaskan dalam waktu lama. Setidaknya di bawah 10 menit.

Motor baru tak boleh dipakai ngebut

Mitos satu ini juga umum di kalangan pengendara. Kabarnya, motor yang dalam masa reyen atau pemakaian pertama tidak boleh digunakan untuk ngebut. Tapi hal ini sebenarnya juga cuma mitos, sebab motor zaman sekarang sudah melalui uji coba sebelum dipasarkan. Berbeda dengan motor zaman dahulu yang butuh penyesuaian antar komponen sebelum bisa dipakai kebut-kebutan.

Nah, kini sudah tahu kan, mana yang fakta dan mana yang mitos? Jadi mulai sekarang berhentilah melakukan hal-hal yang tidak terlalu diperlukan, ya!

Label : Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More