Modifikasi Motor, Apakah Aman Untuk Keselamatan

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 12 hari 42 menit yang lalu

Keamanan dan keselamatan dalam berkendara merupakan fokus utama bagi pengguna jalan raya. Masih minimnya kesadaran akan keselamatan dan keamanan dalam berkendara, khususnya di Indonesia membuat kita semua wajib prihatin dengan kondisi ini. Keamanan dan juga keselamatan kendaraan roda dua sendiri terkadang terkait dengan masalah modifikasi motor.

Modifikasi motor merupakan sebuah kegiatan yang cukup menyenangkan dan juga banyak sekali dilakukan oleh para pecinta otomotif terutama pecinta dan pengendara motor. Modifikasi motor bisa membuat tampilan motor menjadi lebih keren dan juga lebih menarik dari segi tampilan. Sobat mungkin juga salah satu orang yang gemar memodifikasi sepeda motor kan? Tapi perlu diingat dan dipahami bahwa memodifikasi sepeda motor ada beberapa peraturan yang harus ditaati agar tetap menjunjung tinggi keselamatan.

Kita akan membahas bagaimana cara memodifikasi sepeda motor tanpa menghilangkan esensi keselamatan dan keamanan berkendara. Pengendara yang baik adalah seorang pengendara yang menjunjung tinggi keselamatan dan keamanan berkendara.

Perubahan Kapasitas Mesin

Peraturan yang sangat sering dilanggar dan juga tidak diindahkan adalah merubah kapasitas mesin pada kendaraan bermotor. Merubah kapasitas mesin ini biasanya sangat gemar dilakukan untuk meningkatkan performa sepeda motor. Sebenarnya menurut peraturan hal ini sangat tidak dianjurkan dan dibenarkan, apalagi untuk dijadikan sebagai sepeda motor yang digunakan sehari – hari.

Memang bore up menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan performa bagi sepeda motor keluaran lama, tapi bro sayangnya melakukan bore up ini melanggar peraturan. Jadi lebih baik kita merawat mesin standarnya saja bro.

Memotong Rangka Dan Mengubah Dimensi

Selain bore up, modifikasi yang sering terlihat adalah dengan mengubah dimensi dan juga rangka pada kendaraan roda dua. Modifikasi tipe ini sangatlah marak di Indonesia dan memang terlihat sangat menawan dan keren dari segi tampilan. Tapi sekali lagi bro, peraturan yang ada tidak mengijinkan kita melakukan hal tersebut. Jika masih tetap kekeh pada pendirian dan juga masih ngeyel untuk melakukan modifikasi ini, mungkin kamu harus berhadapan dengan polisi suatu saat nanti.

Selain itu dimensi dan juga rangka sebuah kendaraan dirancang khusus yang diuji melalui pengujian yang bukan main – main. Desain tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi dan juga jalan yang ada, sehingga terkadang memotong rangka mengubah dimensi dijamin tidak selalu aman yang berarti juga mengurangi keselamatan berkendara.

Mencopot Alat dan Perlengkapan Standar Sepeda Motor

Pertama dan yang paling utama nih bro, spion. Ya, kebanyakan dari kalian berpikir bahwa spion dari pabrik itu tidak keren dan modis, tapi sebenarnya spion dari pabrik itu sangat efektif untuk melihat kendaraan yang ada di belakang saat kita berbelok. Jangan sampai kamu mencopot spion standar sepeda motor, apalagi sampai tidak memasang spion saat bepergian dengan menggunakan sepeda motor tanpa spion. Bepergian tanpa menggunakan sepeda motor sudah merupakan sebuah pelanggaran lalu lintas.

Kamu boleh menggunakan spion yang kamu beli dari berbagai toko aksesoris motor dan mengganti spion standar, walaupun tidak dianjurkan. Tapi harus diperhatikan spion yang kamu beli ini juga harus memiliki pandangan yang benar – benar terlihat. Jangan ngasal beli spion yang terlihat modif tapi tidak terlihat pergerakan kendaraan yang ada di belakang kamu, karena bisa membahayakan diri sendiri.

Selain spion ada juga yang mengganti knalpot standar dengan berbagai knalpot yang memiliki bunyi sangat nyaring. Selain mengganggu pengendara lain, jika tidak memiliki kualitas yang bagus bisa – bisa mesin sepeda motor kamu jadi cepat rusak. 

Jadi intinya boleh saja memodifikasi motor, selama itu tidak melanggar peraturan yang sudah ada. Nah, poin penting modifikasi motor adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Dan memang kalau ingin memodifikasi motor untuk perlombaan kontes silakan saja bebas memodifikasi sepuas dan sekreatifnya tapi jika dipakai harian maka memang harus sesuai dengan peraturan.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More