Motor Mogok Setelah Dicuci, Mungkin Ini Penyebabnya

Publikasi: 5 tahun 27 hari 22 jam 18 menit yang lalu

Di musim hujan biasanya motor akan jadi cepat kotor, apalagi kalau tiap sore hari si motor ngelewatin rute yang becek dan banyak genangan air. Pastinya debu, air yang kotor, dan berbagai macam kotoran bakal nempel di body motor. Hal ini akan membuat motor kesayangan kita kelihatan berdebu dan kusam. Oleh karenanya, supaya motor tetap kece, dicucilah motor tersebut 

Sayangnya cuci motor tuh gak boleh asal cuci aja. Jangan sampai ketika selesai dicuci, motor kesayangan kita malah susah untuk dihidupin. Yah, walaupun gak terlalu bahaya untuk kesehatan motor, tapi hambatan seperti ini akan ngeganggu ketika kita lagi buru – buru. Makanya, kita harus tau bagaimana cara mengatasi motor mogok setelah dicuci. 

Yuk kita cek beberapa sebab motor mogok setelah dicuci. 

1. Masuk Ke Karburator

Saat dicuci, bisa saja air masuk ke dalam mangkuk karburator secara tidak sengaja. Karena karburator adalah tempat pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara, maka keberadaan air di dalamnya tentu akan mengganggu fungsinya. Tanpa harus dicampuri air pun karburator sudah punya potensi masalahnya sendiri, apalagi jika ada air di dalamnya. 

Solusi untuk hal ini adalah dengan membuka mangkuk karburator. Tapi sebelumnya Kamu harus menutup kran bensin terlebih dahulu. Saat buka bautnya, biasanya akan ada bensin yang keluar dari dalamnya. Tapi yang keluar gak hanya bensin aja, air yang tertampung di dalamnya juga akan ikut keluar. Nah, ketika sudah benar – benar kering, rapatkan kembali baut di mangkuk karburator. 

2. Cop Busi

Cop busi motor bisa aja menjadi masalah utama pada mogoknya motormu. Biasanya air akan gampang banget masuk ke dalam cop busi. Cop busi sendiri adalah bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi tersebut. 

Biasanya jika menyemprotkan air ke arah busi, komponen ini akan langsung basah. Ketika basah, pengapian akan terganggu dan membuat motor mogok. Tapi membersihkannya mudah kok. Hanya cukup mencopot cop busi ini dan membersihkannya dengan kain yang kering. 

3. Perangkat Sistem Pengapian

Selain pada cop busi, Bagian elektroda dari busi juga bisa saja mengalami kelembaban akibat terkena semprotan air saat Kamu lagi nyuci motor. Nah selain memastikan komponen ini kering, Kamu harus ngecek kondisi kelistrikan di motormu. 

Pasang busi pada cop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Coba nyalakan motor dengan kick starter, pastikan kontak dalam posisi ON. Jika ada percikan api yang keluar, maka gak ada masalah dengan kelistrikan dari motormu, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan seluruh komponen kering dan tidak lembab.

Namun, jika tidak ada arus listrik yang terlihat, maka Kamu wajib mengecek sistem pengapian seperti socket dari CDI. Telusuri jalur dari pangkal kabel busi, ikutin jalurnya sampai Kamu menemui komponen lainnya seperti coil dan CDI. Pastikan gak ada yang salah dengan komponen – komponen ini. 

Nah, ketiga part di atas adalah yang paling sering terkena air saat motor selesai dicuci. Oleh karenanya, pastikan Kamu jeli saat menyemprot air ke motor. Untuk bagian – bagian seperti body motor dan komponen non mesin sih boleh banget untuk disemprot. Tapi untuk mesin, dan yang berada di daerah karburator dan busi, akan lebih baik jika Kamu menyiramnya secara manual supaya resiko kemasukan air berkurang. 

Cari Aman Tips Merawat Motor

Berita Terkait