Tangki Motor Bocor! Ini Nih Solusinya

Publikasi: 5 tahun 29 hari 3 jam 17 menit yang lalu

Tangki bensin merupakan sebuah part yang penting untuk motor. Bahkan untuk jenis motor tertentu, bentuk tangki juga menentukan seberapa macho motor tersebut. Custom bike seperti chopper dan bobber akan tampak garang jika didukung oleh tangki motor yang sesuai.

Tapi apa jadinya kalau tangki bocor? Ya, tangki bensin ini juga bisa bocor bro. Walaupun terbuat dari bahan yang keras, ternyata masih ada hal – hal yang membuatnya bocor dan membuat pemakaian bensin semakin tinggi. Boro – boro jadi keren, yang ada duit melayang buat bayarin bensin yang kebuang. Fiuh! 

Sudah jelas penyebab bocornya tangki motor itu berasal dari korosi yang menyebabkan logam pada tangki berkarat. Kalau sudah berkarat dan didiamkan saja, tinggal tunggu waktu untuk tangki itu jadi bocor.

Biasanya karat terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam tangki. Masalahnya bagaimana air tersebut bisa masuk? Nih beberapa diantaranya. 

1. Bocor dari Tutup Bensin

Untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki, biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi agar tekanan udara di dalam tidak terlalu membebani karburator. Sayangnya ventilasi ini juga bisa menjadi akses masuk untuk air ke dalam tangki motormu. 

Inilah kenapa kita harus hati – hati saat mencuci motor, terutama saat membersihkan daerah tangki. Jangan sampai ketika kita membersihkannya malah membuat tangki motor kerembesan air. Kalau nantinya jadi berkarat Kamu sendiri lho yang repot. 

2. Embun yang ada di tangki

Siapa yang sangka jika udara di dalam tangki motor ini bisa jadi ancaman kebocoran. Saat ada peningkatan suhu pada tangki, udara di dalam akan mengembun. 

Karena pengembunan ini sudah pasti terjadi, maka Kamu udah ga bisa ngapa – ngapain lagi bro. Kecuali jika tangki motormu punya fitur pembuangan air. Karena gak semua motor punya fitur ini, yaudah Kita cuma bisa pasrah aja dan mengusahakan air gak akan masuk lebih dari itu. 

3. Korosi Air Hujan

Air hujan memang terkenal sebagai cairan yang mudah membuat besi karatan. Tingginya konsentrasi oksigen yang ada di dalam air hujan membuat korosi semakin mudah untuk dilakukan.

Oleh karenanya, jangan biarkan air hujan berlama – lama menempel di tangki motor maupun part besi lainnya. Segera bilas motor ketika terkena air hujan. Pastikan debu dan air hujan luruh bersama air yang Kamu bilaskan ke motormu. Jangan lupa juga untuk langsung mengelapnya hingga kering ya. 

Selain itu Kamu juga bisa memarkir motormu di area yang tidak terkena hujan. Bagaimanapun jika motor sering terkena hujan, pastinya akan berimbas buruk pada part – part logam di dalamnya, termasuk tangki bensin. 

Nah, kalau begitu, apa yang harus dilakukan kalau tangki motor udah terlanjur bocor? Ada beberapa cara untuk mengatasinya. 

1. Tambal dengan lem G

Cara mudah untuk mengatasi tangki bensin yang bocor adalah dengan menambalnya dengan menggunakan lem G. Tapi cara ini hanya bisa digunakan saat tangki bensin bocor di satu titik.

Pertama – tama gosok halus bagian yang akan ditambal agar kotoran – kotorannya hilang dari lokasi tersebut. Setelahnya tuangkan lem G pada bagian tersebut. Selanjutnya, berikan bedak atau serbuk pasir di area sekitarnya. Terakhir, tutup serpihan bedak ataupun pasir tersebut dengan lem G. Jangan terlalu banyak dalam menuangkan lem G, karena nanti akan lebih susah untuk kering. 

2. Menggunakan patri

Jika bocornya tangki bensin terlihat memanjang, maka cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan teknik patri. Ya, memang terlihat agak susah kalau Kamu gak biasa melakukannya. Tapi banyak kok tukang patri yang bisa dipergunakan jasanya. Jadi Kamu cukup mencopot tangki motormu dan membawanya ke tukang patri terdekat.

3. Menggunakan Resin

Yang terakhir ini sangat mudah. Kamu cukup mengosongkan tangki motormu hingga benar – benar kering. Saat sudah kering, tuangkan resin yang sudah Kamu campur dengan thinner A ke dalam tangki bensin. Pastikan campurannya tidak terlalu encer ya. Setelah itu, putar – putar tangki motornya agar merata dan melapisi seluruh bagian yang bocor. Jangan lupa untuk membolongi saluran ke bahan bakar ya. 

Nah, sudah cek tangki motor Kamu? Yuk buruan cari aman dan pastikan tangki motor dalam keadaan yang sehat dan prima. 

Cari Aman Tips Merawat Motor

Berita Terkait