Motormu Gak Pakai Aki? Waspadalah Akan Hal – Hal Berikut Ini

Publikasi: 6 bulan 3 hari 18 jam 14 menit yang lalu

Bagi beberapa pengendara, keberadaan aki dianggap tidak terlalu penting. Wajar sih, karena tanpa akipun, kelistrikan motor masih tersuplai dari spul selama motor menyala. Hanya saja tanpa adanya aki, motormu gak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Karena pasti banyak fitur yang gak akan maksimal saat digunakan tanpa adanya aki. 

Tapi balik lagi sih ke banyaknya pengguna motor di Indonesia yang cuek dengan hal ini. Asal motor bisa nyala, bodo amat dah mau akinya ada apa nggak. Yang jelas motor bisa ngebut di jalanan. Padahal ada beberapa hal yang harus diwaspadai lho kalau motor udah gak menggunakan aki lagi. Apa aja sih kira – kira? Yuk kita cek faktanya di bawah ini. 

1. Saat menghidupkan mesin akan kesusahan

Tentunya saat menyalakan motor, akan lebih mudah jika ada electric starter yang cuma modal dipencet aja. Masalahnya, tanpa adanya aki electric starter jadi gak berfungsi. Tentunya Kamu harus pakai kick starter untuk nyalain motormu. Bakal semakin menyita waktu juga kalau motormu adalah matic. Masih harus standar tengah dulu baru pakai kick starter.

Walau terkesan “Gak apa deh, toh motor masih bisa jalan” tapi ada momen2 yang bisa aja kamu lewatin kalau telat nyalain motor. Pas si gebetan lagi lewat misalnya, trus muncul idemu untuk ngajak dia pulang bareng. Kalau kelamaan ya keburu disamber cowo lain bro. 

Pantes aja Kamu masih jomblo ampe sekarang, kalah cepet sih.  

2. Listrik Motor Mati Total 

Tentunya listrik di motor gak akan bisa nyala ketika mesin motor mati. Alhasil indikator persneling motormu jadi gak ketahuan masuk di gigi berapa. Selain itu, klakson gak akan bisa dibunyiin saat mesin mati total. Bahkan ketika mesin nyala, klakson hanya akan bersuara lirih. Selirih hatimu saat ngejomblo saat valentine kemarin. Hehe

3. Lampu Sein Gak Optimal

Tentunya dari semua yang membutuhkan tenaga listrik dari motormu, lampu sein adalah salah satu yang paling penting. Kenapa kok gitu? Lampu sein berfungsi sangat vital di jalan raya. Selain untuk menunjuk arah mana yang akan dituju motor kita, lampu sein adalah media komunikasi antar pengendara. Makanya kenapa lampu sein itu berkedip – kedip? Jawabnya jelas supaya mudah di notice pengendara lain.

Masalahnya tanpa aki, lampu seinmu bisa – bisa gak berkedip karena langsung terpengaruh oleh RPM dari motormu. Semakin kencang RPM, semakin gak berkedip lampu sein kamu. Tentunya hal ini jadi masalah untuk keamanan pengendara di belakangmu. Mereka jadi gak notice akan lampu sein yang Kamu nyalain. 

4. Lampu juga ngikut RPM motor

Kamu tau kan fungsi lampu di sepeda motor itu penting banget. Bahkan saat siang haripun motor wajib menyalakan lampu. Nah, sayangnya tanpa adanya aki, si lampu ini akan mengikuti besaran RPM motor. Jika RPMnya lagi tinggi, lampunya bisa terang banget. Tapi pas lagi woles, bisa redup banget, bahkan dikira gak nyala oleh pengendara lain. 

Tentunya hal ini bahaya jika Kamu lagi berjalan di traffic yang padat. Mereka yang di depanmu bisa – bisa gak nyangka kalau ada motormu di belakangnya. Bahkan bisa jadi ketika Kamu memutuskan untuk menyalip, mereka jadi kaget. Karena lampumu tadi kurang terang di traffic yang padat. 

Nah, lumayan ribet kan kalau motormu gak dilengkapi dengan aki. Walaupun kecil, tapi manfaatnya gede bro! Jadi jangan di remehin ya. Apalagi harganya juga gak mahal – mahal banget. Ya Kan? Udah deh, buruan beli aki baru, jangan lupa dirawat yang benar ya. 


Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More