Ini Lho Cara Pakai GPS Di Jalan Raya Yang Dilarang Polisi

Publikasi: 7 hari 11 jam 8 menit yang lalu

Majunya teknologi memang mempermudah kehidupan manusia. Bahkan banyak layanan – layanan dunia digital yang saat ini bisa kita pakai untuk memanjakan diri selama kita kuat untuk membiayainya. Salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat yaitu GPS. 

Ya, Global Positioning System ini perkembangannya semakin pesat di tahun terakhir. Yang dulunya gak akurat, sekarang bisa super akurat. Bahkan untuk memakainya pun sekarang lebih mudah. Beda sama jaman bl*ckberry yang saat itu GPSnya suka bikin orang nyasar. 

Sayangnya setiap perkembangan teknologi pasti ada aja sisi negatifnya. Penggunaan GPS oleh pengendara yang sembrono kadang bikin kita keki. Terlebih di tahun belakangan kita akrab banget ama ojek online bukan? Ojek online belakangan ini sering terlihat menggunakan GPS dengan cara yang salah. Repot bukan? Nah di bawah ini ada beberapa cara pakai GPS yang kurang sesuai. Yuk kita cek beberapa diantaranya di bawah ini. 

1. Kenapa Harus Pakai GPS Kalau Sudah Hapal Area? 

Ada beberapa ilmuwan yang berpendapat bahwa teknologi kadang bikin orang jadi mager dan berada di zona nyaman. Hal ini rupanya benar adanya. Ketergantungan akan GPS membuat beberapa pengendara di jalan raya malas untuk berpikir lebih luas akan rute yang akan dilalui. 

Coba bayangin, jaman dulu ketika belum ada GPS, mengingat jalanan rasanya gampang banget. Sekarang ketika ada GPS malah banyak pengendara yang menggantungkan diri dengan rute dari GPS. Dan parahnya sering banget GPS malah bikin mereka kesasar. 

Pakai GPS sih boleh bro, tapi gak bergantung sepenuhnya ama hal itu lah. 

2. Mengaktifkannya di Kendaraan yang Bergerak

Saat berkendara, mengaktifkan GPS adalah hal yang salah. Jangan kaget jika Anda di tilang ketika Anda melakukannya. Karena hal ini udah diatur dalam undang – undang pasal 106 ayat 1 dan pasal 283 dimana setiap pengendara wajib berkendara secara wajar dan penuh konsentrasi. 

Nah, gimana mau konsentrasi ama jalanan kalau bentar – bentar noleh ke GPS. Oleh karena itu, penggunaan GPS saat kendaraan berjalan tidak di benarkan. Sayangnya beberapa acara ojek online di TV malah ngajarin penontonnya untuk berperilaku seperti ini. 

Sangat disarankan untuk kamu berhenti sejenak di tepi jalan untuk ngecek rute GPSmu. Nah, dengan mengeceknya di tepi jalan, Kamu gak akan kena tilang. Karena hal ini yang disarankan oleh kepolisian pada pengendara yang menggunakan GPS dalam perjalanannya. 

3. Berhenti di Tempat yang Salah

Selalu perhatikan rambu – rambu di sekitar. Jangan udah merasa ngerti area banget karena udah menggunakan GPS.  Ingat, GPS tuh cuma alat bantu untuk Kamu menentukan rute yang akan di lalui. Jangan karena terbuai akan fitur dari gadget sampai sampai Kamu gak lihat rambu – rambu yang ada di sekitaran.

Berhenti berkendara pun ada aturannya. Kamu wajib tau mana tempat yang boleh untuk berhenti dan mana yang tidak boleh. Biasanya larangan untuk berhenti ada di jalan satu arah yang sempit, jalan yang terkenal selalu padat, dan lokasi – lokasi serupa. Makanya, jangan asal berhenti bray, bisa – bisa surat tilang masuk ke dalam dompetmu.

Nah, sekarang udah jelas kan aturan penggunaan GPS yang benar? Buat kamu yang juga berprofesi sebagai ojek online wajib tahu nih. Tips di atas jangan lupa di terapkan di jalan ya bray. Dan yang penting selalu cari aman dan mematuhi rambu lalu lintas. Ciao!

Label : Cari Aman

Comment

User Comment
Your comment
Load More