Mudik Aman Dengan Motor

Publikasi: 1 bulan 6 hari 20 jam 51 menit yang lalu

Pemerintah mulai menerapkan transisi dari masa pandemi ke endemik. Hal itu tecermin dari kebijakan baru penghapusan syarat wajib hasil tes negatif Covid-19 bagi pelaku perjalanan jarak jauh,  yang sudah mendapatkan vaksin lengkap, serta tidak ada lagi aturan jaga jarak pada moda transportasi masal seperti KRL.

Lihat saja pada angkutan umum KRL yang sudah tidak lagi diberi tanda batas jaga jarak baik di kursi penumpang dalam gerbong kereta maupun ruang tunggu di stasiun. Kondisi tersebut sama seperti sebelum terjadinya pandemi Covid-19 atau sudah mulai normal kembali.

Kondisi ini membuat sebagian orang sudah merencanakan untuk pulang mudik di ujung Ramadan tahun 2022 ini, dengan menggunakan sepeda motor. 

Sebelum melakukan perjalanan, pengendara motor perlu mengenali faktor apa saja yang berpengaruh ketika mudik menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini penting untuk memperkecil risiko saat mudik. 

Dan ada tiga faktor yang sebaiknya dipahami pemudik sebelum memutuskan berkendara menggunakan sepeda motor.

Pertama, faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor lain. Dengan mengenali ini, maka bisa mempersempit peluang terjadinya kecelakaan, sekaligus memperkecil risiko fatalitas tejebak petaka di jalan raya. 

1. Pada faktor manusia ada tiga  hal penting  yang perlu diperhatikan, yaitu kesehatan fisik, stabilitas emosi, dan teknik berkendara. Tiga hal ini memiliki peran penting sebab merupakan dasar seseorang sanggup berkendara dengan aman.

Tubuh  yang tidak bugar bisa membuat  konsentrasi terganggu. Keletihan, dehidrasi, debu, asap, cuaca panas, kemacetan, hingga kebisingan suara kendaraan bisa memicu stres. Kuasai teknik berkendara yang aman dan selamat

2. Faktor kendaraan. Pengendara wajib membawa motor dalam keadaan sehat dan prima.  Untuk itu periksakan kondisi motor mulai dari kaki hingga mesin sebelum mudik. Dianjurkan untuk mendatangi bengkel dan minta perbaikan dari kerusakan sekecil apapun. 

3. Faktor lainnya adalah menyangkut barang bawaan,  jadwal istirahat, tempat istirahat, rute, waktu berpergian, serta waktu tidur yang cukup hingga perlengkapan keselamatan yang diperlukan saat mudik yang perlu diperhatikan, hingga pengendara bisa mudik dengan selamat di kampung  halaman

Label : Touring Mudik Lebaran Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More