Naik Motor Tapi Ga Bisa Naik Sepeda, Apa Mungkin?

Publikasi: 6 bulan 7 hari 12 jam 33 menit yang lalu

Apa syarat untuk belajar naik motor? Apakah harus bisa dan lancar naik sepeda terlebih dahulu? Ternyata, jika Anda tahu cara-caranya, bisa lho belajar naik motor walaupun tidak dapat naik sepeda dari kecil.

Namun tenang saja. Dengan mengetahui trik-trik jitu dan melakukannya, bukan berarti tidak mungkin bagi Anda untuk belajar mengendarai motor, meski belum bisa mengayuh sepeda sekalipun. Nah, bagaimana caranya?

Ini dia cara belajar motor buat yang belum bisa naik sepeda

Dengan mencoba satu persatu langkah-langkah berikut ini, Anda bisa belajar naik motor denga naman sampai bisa.

1. Minta ditemani oleh orang-orang terdekat

Langkah pertama ketika Anda ingin belajar naik motor adalah untuk minta didampingi oleh orang-orang terdekat, entah itu teman atau anggota keluarga. Namun, pastikan juga mereka bisa mengendarai motor dengan lancar. Cari yang sabar untuk mengajari Anda dari nol hingga mahir.

2. Mengenali karakter motor

Untuk mengenal karakteristik motor, Anda tidak harus langsung googling A-Z di hari pertama belajar motor. Anda hanya perlu duduk di atas motor sembari memegang setangnya. Bahkan pada tahap ini, tak perlu menyalakan mesin motor. 

Genggam setang motor dengan empat jari. Pastikan posisi jempol ada di bawah. Yang penting untuk diingat, hindari menempatkan tangan di bagian ujung setang motor. Soalnya pada posisi ini, genggaman rentan terlepas akibat guncangan.

3. Mulai gerakkan setang

Selanjutnya, Anda bisa mulai menggerak-gerakkan setang ke kiri dan ke kanan. Jika sudah merasa yakin, dorong motor ke depan dengan kedua kaki, kemudian tarik tuas rem. Lakukan latihan ini secara berulang. Belok-belokkan setang sesekali. Latihan ini bisa membantu Anda mempeajari keseimbangan waktu naik motor.

4. Pelajari cara ngegas dan ngerem

Nah, sekarang Anda bisa mulai belajar menggunakan gas dan rem pada motor. Di sini Anda perlu menggunakan perasaan agar bisa mengatur kecepatan motor dengan baik. Sebagai permulaan, nyalakan starter dan masukkan gigi satu, apabila Anda menggunakan motor kopling. 

Kemudian, putar gas perlahan sampai motor berhasil melaju, dan cobalah untuk menekan tuas rem. Ulangi langkah ini sampai Anda terbiasa. Jika sudah tambah lancar, naikkan kaki kanan ke foot step, dan membiarkan kaki kiri tetap menggantung untuk berjaga-jaga. Jika Anda sudah semakin fasih, cobalah naikkan kedua kaki ke foot step.

Cari tempat latihan yang aman

Ketika belajar naik motor, pilih tempat latihan yang sepi dan landai. Jadi, Anda bisa fokus latihan dan tidak membuat diri sendiri atau orang lain jadi panik. Jangan langsung naik motor di jalan besar jika belum lancar. Yang juga tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan safety riding termasuk helm standar SNI.

Saat ini, Anda juga bisa lho belajar motor dengan bimbingan instruktur profesional di AHM Safety Riding Park, Cikarang. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online di situsnya.

Referensi:

https://www.seva.id/blog/cara-belajar-naik-motor-buat-kamu-yang-tidak-bisa-bersepeda-072021-tr/2/

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/03/094100915/ahm-safety-riding-park-gratis-untuk-umum-begini-cara-daftarnya

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Naik Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More