Paham Fungsi Dan Cara Merawat Knalpot

Publikasi: 1 tahun 26 hari 23 jam 42 menit yang lalu

Mari Rawat Knalpot Dengan Benar

Knalpot adalah alat peredam kebisingan pada kendaraan. Untuk tujuan tersebut,  knalpot dirancang sedemikian rupa agar suara yang keluar tidak begitu keras dalam artian mampu menyerap bising yang dihasilkan oleh motor bakar penggerak.

Knalpot memiliki setidaknya empat fungsi penting, yakni: 

  1. Pertama mengurangi suara bising dari ruang bakar. Proses pembakaran sendiri menghasilkan suara ledakan yang oleh knalpot diredam.
  2. Menurunkan tekanan gas buang. Hasil pembakaran menghasilkan tekanan yang harus dibuang, semakin minim hambatan pada knalpot maka aliran gas buang akan semakin baik sehingga tenaga akan optimal, karena tidak ada gas buang yang ikut terbakar kembali.
  3. Melepaskan panas yang dihasilkan mesin dari proses pembakaran.
  4. Mengurasi kadar emisi gas buang berbahaya. Karenanya knalpot biasanya dilengkapi dengan ruang atau chamber gas buang yang dilengkapi catalytic converter, yang mengonversi emisi menjadi gas yang ramah lingkungan.

Karena fungsinya yang vital, Knalpot  sejatinya perlu dirawat. Para pengguna sepeda motorr perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik.

Sesungguhnya, ada empat langkah sederhana merawat knalpot. Simak berkut : 

1.Gunakan  Oli 

Lumasi oli secukupnya pada lubang silencer dan leher knalpot akan bermanfaat untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat dan kemudian bisa menjaga agar suara knalpot tidak berisik.

2.Konsentrasi di Leher Knalpot

Membersihkan leher knalpot bisa dilakukan dengan cara mengoleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap.

3.Cermati Baut 

Pastikan baut pada knalpot tidak kendor. Langkah ini penting dilakukan untuk kemduian mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak.

4.Hindari Air Hujan 

Membersihakn knalpot  yang terkena air hujan juga penting untuk mencegah terjadi karat, karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi berkarat.

Jangan lupa  untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Tips Motor Knalpot Motor Merawat Knalpot Motor

Berita Terkait