Wahana Honda

Panduan Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

Publikasi: 5 bulan 17 hari 19 jam 19 menit yang lalu

Tidak sulit untuk menguasai motor matic karena transmisi yang digunakan hanya sebatas rem dan gas saja. Namun ada beberapa orang awam yang belum tahu bagaimana mengoperasikan motor roda dua ini dengan tepat, aman, dan nyaman atau justru takut karena tidak pernah berkendara sebelumnya.

Anda bisa mencoba latihan motor matic terlebih dahulu untuk selanjutnya melakukan uji coba motor bebek. Motor Honda matic juga hadir dengan bodi yang sederhana dan cocok bagi pemula.

Perhatikan langkah-langkah berikut untuk memastikan kegiatan berkendara berjalan dengan lancar.

Faktor Keselamatan

Selalu pastikan memilih tempat yang luas, seperti lapangan atau tanah kosong saat akan memulai belajar untuk pertama kalinya. Jangan gunakan jalan raya yang padat lalu lintas atau perumahan dengan risiko banyak anak kecil lalu lalang. Pastikan juga pengendara menggunakan alat keselamatan dan dipandu oleh orang yang telah bisa berkendara sebelumnya.

Jika sudah memilih tempat yang sesuai langkah selanjutnya adalah memastikan pengendara memahami setiap fungsi dari masing-masing fitur yang ada di motor tersebut.

Memahami fitur

Terdapat tiga fitur utama yang bisa digunakan untuk menjalankan dan menghidupkan motor. Pertama adalah starter yang terletak di sebelah kanan, lalu tuas gas yang ada di sebelah kanan, dan rem yang ada di sisi kiri dan kanan. Saat akan menghidupkan motor untuk pertama kalinya, tarik tuas rem lalu tekan tombol starter electric tersebut.

Pastikan standar kaki sudah dinaikan karena motor Honda matic menggunakan rancangan ini untuk memastikan jika pengendara selalu memperhatikan keselamatan dengan tidak lalai untuk menaikan standar kaki sebelum mulai mengendara.

Saat pertama kali menghidupkan mesin, tarik gas secara perlahan agar motor tidak melaju dengan cepat.

Dua rem yang ada di sisi kiri dan kanan memiliki fungsi yang berbeda. Rem sebelah kiri berfungsi untuk roda belakang, dan rem sebelah kanan berfungsi untuk roda depan. Ada tata cara yang bisa dilakukan untuk mengerem agar keselamatan tetap terjaga. Untuk laju menikung, disarankan untuk menekan rem belakang, khususnya untuk kondisi jalanan yang licin dan basah karena hujan.

Lakukan latihan ini secara berkala dan jika sudah mulai terbiasa, beranikan diri untuk terjun langsung ke jalanan, lengkap dengan atribut keselamatan dan dipandu oleh orang lain yang sudah ahli. Gunakan kecepatan standar dari 10-20 km/jam untuk melatih kestabilan berkendara di awal. Selamat berkendara!




Label : Matic

Comment

Your comment
Load More