wanda

Penggunaan GPS Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor, Apakah Aman?

Publikasi: 1 bulan 6 hari 21 jam 32 menit yang lalu

Kemanan berkendara dan juga keselamatan berkendara menjadi salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Ada banyak aspek dari mulai safety gear, safety riding, modifikasi, dan berbagai komponen keselamatan berkendara lainnya yang mungkin bisa dibahas dengan lebih mendetail. Beberapa waktu yang lalu keputusan pelarangan penggunaan perangkat smartphone baik untuk pengendara sepeda motor maupun mobil menjadi perbincangan yang cukup hangat. 

Pasalnya, penggunaan smartphone ini bisa berfungsi jika digunakan untuk GPS, atau sebagai alat petunjuk arah yang bisa mengetahui berbagai jalan yang mungkin belum pernah kita lewati. Beberapa aplikasi juga menunjukkan kemacetan di beberapa ruas jalan sehingga kita bisa menghindari kemacetan dengan memilih jalan yang senggang. 

Tapi polemic yang terjadi adalah anggapan bahwa penggunaan GPS ini tidak aman untuk keselamatan berkendara, kenapa? Kita akan membahas secara adil, keuntungan dan kerugian menggunakan alat GPS baik smartphone atau alat GPS lainnya. 

Manfaat Menggunakan GPS Baik Itu Smartphone Atau Alat GPS Lain

Penggunaan GPS sendiri memiliki kelebihan dan manfaat juga kok, bro. Jadi apasih manfaat yang diberikan oleh GPS ini? Mari kita coba lihat satu persatu. 

Membantu Memandu Ke Arah Tujuan Kita

Ya, benar GPS ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk menunjukkan jalan ke sebuah tempat tujuan. Perkembangan teknologi memang sangat pesat sehingga sudah banyak fitur – fitur smartphone yang bisa digunakan untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah alamat dengan cara yang sangat mudah. 

Dengan menggunakan GPS ini kita bisa dengan mudah mencari tempat yang bahkan belum pernah kita kunjungi dan juga dengan mudah untuk bepergian ke luar kota. Jadi jika kamu belum pernah berkunjung ke tempat – tempat tertentu bisa menggunakan fasilitas ini dengan mudah. 

Dengan Mudah Mencari Alternatif Jalan Yang Tidak Macet

Fitur teknlogi GPS juga sangat banyak, selain menunjukkan jalan secara akurat, GPS juga memiliki fungsi lain diantaranya menunjukkan jalanan yang macet dan juga tidak macet. Kamu bisa dengan mudah memilih jalanan yang tidak macet atau bisa dibilang sebagai jalan alternatif. Selain jalanan macet, kamu juga bisa menggunakan GPS sebagai tempat mencari jalan yang tercepat alias jalan paling pendek jarak tempuhnya. 

Dengan berbagai fitur ini bukankah GPS memang bisa dijadikan sebagai solusi perjalanan kamu? Kamu bisa memperkirakan jarak tempuh dan juga menentukan rute perjalanan dengan sangat baik.

Mengetahui Tempat Rest Area Terdekat

Untuk perjalanan jarak jauh GPS smartphone bisa digunakan untuk melihat rest area, tempat peristirahatan, restaurant, dan juga tempat – tempat yang bisa digunakan untuk melepas lelah. Dengan menggunakan GPS kita bisa dengan mudah menemukan tempat pengisian bahan bakar, menemukan tempat makan, dan peristirahatan  terdekat. 

Kekurangan Menggunakan GPS Saat Berkendara 

Setelah membahas kelebihan tentunya aka nada kekurangan, nah kita akan membahas kekurangan yang dimiliki oleh GPS. Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki oleh GPS. 

Diklaim Mengganggu Konsentrasi

Terlebih jika kamu menggunakan GPS dari smartphone. Penggunaan smartphone saat berkendara sendiri tidak diperbolehkan oleh peraturan lalulintas yang ada di Indonesia. Tapi pengecualian untuk penggunaan dalam hal GPS masih kok diperbolehkan, berdasarkan dengan sumber hukum online. 

Alasannya adalah penggunaan tersebut tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Tapi terkadang memang penggunaan smartphone yang digunakan sebagai GPS ini memang menganggu konsentrasi, ada baiknya jika kamu ingin menggunakannya, lebih baik menepi terlebih dahulu, terutama untuk kamu pengguna sepeda motor. 

Tidak Ada Sinyal Di Beberapa Tempat Terpencil

GPS ini terkoneksi jaringan internet, khususnya untuk GPS yang digunakan di smartphone. Di beberapa tempat jaringan internet kurang stabil, sehingga tidak bisa digunakan dengan baik, jadi percuma saja menggunakannya sebagai GPS juga sama saja bohong bro. 

Akan lebih baik jika infrastruktur jaringan internet di Indonesia sendiri harus diperbaiki terlebih dahulu agar koneksi jaringan internet bisa berkualitas di seluruh penjuru dunia. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More