wanda

Mengenalkan Safety Riding Ke Anak Itu Sangat Baik Lho

Publikasi: 1 bulan 9 hari 21 jam 30 menit yang lalu

Beberapa fakta menunjukkan bahwa angka kecelakaan yang melibatkan anak – anak cukup besar. Terlebih di Indonesia yang memiliki alat transportasi sepeda motor, dan mobil dengan jumlah yang sangat banyak. Fakta yang diberikan oleh UNICEF cukup mengejutkan, ada kurang lebih 186300 anak di bawah usia 18 tahun yang meninggal akibat kecelakaan di jalan raya pada tahun 2015 yang lalu. 

Di luar negeri sendiri kampanye keselamatan anak ini juga merupakan salah satu kampanye yang sangat gencar digalakan, dengan mengajak anak – anak, orang tua, dan semua elemen masyarakat untuk berkendara dengan aman di jalan dengan menggunakan perlengkapan dan teknik safety riding yang baik. 

Tapi kelihatannya hal tersebut belum terlihat di Indonesia. Untuk itu sebenarnya pengenalan safety riding ini harusnya juga dilakukan sejak dini agar anak – anak sekarang menyadari pentingnya keamanan berkendara di kemudian hari. 

Pengenalan Safety Riding Untuk Anak

Memang anak – anak belum bisa menggunakan sepeda motor dan tidak seharusnya menggunakan sepeda motor. Nah, pengenalan safety riding untuk anak biasanya dikenalkan dengan proses perjalanan mereka ke sekolah. Sebagai contoh, seorang anak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka menuju ke sekolah, maka anak dianjurkan untuk menggunakan helm keselamatan yang merupakan alat keselamatan wajib yang harus digunakan. 

Beberapa kecelakaan yang terjadi pada anak adalah sebagian besar terjadi saat anak berangkat atau pulang dari sekolah. Untuk itulah kenapa pengenalan safety riding ini bisa menggunakan lingkungan sekolah, karena anak – anak banyak sekali menghabiskan waktu disekolah. 

Berikut ini kita akan membahas kenapa sangat baik jika kita mengenalkan safety riding ke anak. 

Anak – Anak Meniru Kebiasaan Orang Terdekat Mereka Dalam Hal Ini Orang Tua

Peran orang tua pada pembelajaran dan edukasi terhadap anaknya memang sangat besar. Jika kamu memiliki seorang anak, sebaiknya kamu mulai mengenalkan safety riding ini, dengan cara mempraktekkan safety riding di diri kamu sendiri bro. 

Kenapa? 

Karena anak biasanya meniru orang – orang yang sangat dekat dengan mereka, terutama orang yang menghabiskan waktu lama dengan anak, bisa dibilang sebagai orang tua mereka. Jika kamu mengantar anak kesekolah dengan menggunakan sepeda motor, pastikan untuk menggunakan untuk kamu dan juga si anak. 

Atau, jika anak kamu atau siapapun itu dari keluarga kamu berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda, pastikan dia memakai helm sepeda yang merupakan perlengkapan keselamatan wajib saat bersepeda. Dengan mengajarkan hal ini kepada anak, tentunya semakin cepat anak – anak akan memahami bahwa keselamatan di jalan raya itu sangatlah penting. 

Tapi ingat mengajarkan sesuatu yang baru itu membutuhkan proses dan juga kesabaran, terlebih mengajarkannya pada anak – anak. Jadi harus dilakukan dengan sabra dan pelan – pelan. 

Mulailah Dengan Hal Sederhana Atau Hal Kecil

Mulai dengan mengenalkan berbagai hal yang menyangkut keselamatan yang ada di jalan raya. Seperti tempat menyebrang yang baik, Zebra Cross, atau jembatan penyebrangan atau tempat berjalan yang benar harus menggunakan trotoar. 

Kemudian mulai memperkenalkan anak – anak dengan peralatan safety riding yang harus digunakan saat menggunakan sepeda, seperti helm. Tidak berhenti di situ kamu mungkin juga mengenalkan anak – anak dengan sabuk pengamanan mungkin jika menggunakan sebuah mobil sebagai alat transportasi. 

Hal ini pasti akan disambut oleh anak dengan baik karena biasanya anak – anak memang suka penasaran dengan hal – hal yang baru. 

Rangkuman Pengenalan Safety Riding Ke Anak

Sudah tidak diragukan lagi kan ya bahwa safety riding adalah hal yang penting dan juga sangat baik untuk diperkenalkan sejak dini kepada anak. Semakin dini kamu mengenalkan safety riding terhadap anak – anak akan semakin baik hasil yang akan diterima. 

Beberapa cara untuk memperkenalkan safety riding ke anak adalah dengan beberapa cara berikut ini: 

1. Menggunakan safety gear jika anak menggunakan sepeda untuk bermain atau berangkat sekolah. 

2. Memberikan dan memakaikan helm, kepada anak saat mengajak anak menunggangi sepeda motor, entah itu mengantar ke sekolah, atau sekedar jalan – jalan. 

3. Mengajari rambu – rambu dasar, seperti penyeberangan zebra cross, jembatan penyebrangan, lampu merah, trotoar, dan lain – lain. Sangat berguna untuk anak kamu yang berjalan kaki saat pergi ke sekolah. 

Dengan mengenalkan beberapa hal tersebut tentunya kamu juga harus sudah menerapkan safety riding terlebih dahulu, karena biasanya anak – anak mempraktekkan apa yang sudah mereka lihat. Untuk itu wajib hukumnya kamu juga menggunakan perlengkapan yang safety riding yang tepat dan juga baik. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More