Pentingnya Mempelajari Teknik Pengereman Untuk Naik Motor

Publikasi: 17 hari 20 jam 54 menit yang lalu

Salah satu teknik safety riding yang penting untuk Anda kuasai adalah pengereman. Tak hanya bagi pemula, pengendara yang sudah mahir sekalipun, tidak boleh melupakan teknik berkendara yang satu ini. 

Selain itu, fitur pengereman juga termasuk berbagai fitur pada motor yang wajib Anda pahami. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kemungkinan bahaya saat berkendara, baik itu bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lain. 

Teknik berlatih pengereman pada motor

Pada dasaranya, sebelum mempelajari teknik pengereman ini, pastikan mesin motor dalam kondisi mati. Pastikan juga standar ada di posisi tengah. Jika sudah, tutup putaran gas dan gunakan empat jari untuk menarik tuas rem. Dengan cara ini, Anda bisa memperoleh pengereman secara optimal. 

Selanjutnya, tarik tuas atau injak pedal untuk rem belakang, dilanjutkan dengan menarik tuas kopling dan menurunkan kaki kiri. Lakukanlah ini berulang kali, agar Anda terbiasa. Berikut ini ada tips lanjutan untuk belajar teknik pengereman melalui tiga tingkatan.

1. Tingkat pertama

Pada tingkat awal ini, Anda akan fokur berlatih dalam koordinasi putaran gas, tuas atau pedal rem, serta tuas kopling.

2. Tingkat kedua

Selanjutnya, Anda bisa mulai berlatih melakukan pengereman saat motor melaju pada kecepatan lebih tinggi, yaitu 30-50 km/jam. Lakukan latihan ini secara bertahap, mulai dari kecepatan 30 km/jam, hingga akhirnya 50 km/jam.

3. Tingkat ketiga

Pada tahap ketiga ini, Anda dapat melanjutkan latihan pengereman pada kecepatan 60 km/jam. Cobalah melakukannya dengan jarak berhenti 17-20 meter dari titik awal Anda memulai pengereman.

Tips penting waktu belajar mengerem

Anda pun bisa meningkatkan kemampuan mengerem dengan mengukur sendiri jarak pengereman ideal. Lakukan latihan ini di tempat yang sepi. Saat sudah mahir nantinya, pemakaian teknik pengereman ini sangat membantu saat menjumpai tikungan pada jalan raya.

Di tikungan, lakukan pengereman secara perlahan, sebelum tikungan. Selain itu, pastikan motor melaju dalam kecepatan konstan, dan jangan menambah maupun mengurangi bukaan gas secara mendadak.

Kemampuan untuk melakukan pengereman ketika naik motor ini sangat penting untuk diasah secara rutin. Jadi di jalanan, Anda tidak akan panik dan kagok.

Referensi

https://www.infosultra.id/teknik-safety-riding-yang-wajib-diketahui-pengendara-motor-versi-ahm/

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3177236/8-teknik-pengereman-yang-baik-dan-benar-saat-naik-motor

Label : Cari Aman Safety Riding Pengereman Rem Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More