Seperti Apa Teknik Kontrol Gas Untuk Hemat Bahan Bakar

Publikasi: 9 bulan 59 menit yang lalu

Ada berbagai teknik berkendara yang wajib dipahami sebelum naik motor di jalan raya, termasuk pengontrolan gas. Sebelum Anda memutuskan naik motor di jalan besar, ketahui dulu dasar-dasar kontrol gas, dan teruslah berlatih hingga lancar.

Anda bisa mulai mempelajari teknik kontrol gas. Buka gas dengan cara memutarnya pelan-pelan. Jadi, tenaga dari mesin juga bisa Anda kendalikan. Namun saat hendak menutup putaran gas, lakukan sebaliknya, yaitu dengan cara cepat. Pada motor manual, tariklah tuas kopling dengan cepat, kemudan lepaskan perlahan. 

Irit BBM dengan cara kontrol gas seperti ini

Selain memastikan keselamatan berkendara di jalan, cara mengontrol gas yang tepat pun ternnyata bisa membuat Anda irit bensin. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa Anda pelajari dan terapkan.

1. Atur bukaan gas tangan

Yang pertama harus dilakukan adalah mengatur bukaan gas tangan. Anda bisa mencobanya dengan menarik tuas gas perlahan, dan mempelajari besarnya bukaan gas yang cukup untuk membuat motor kesayangan mulai melaju.

2. Tidak mengerem ketika gas terlalu besar

Jangan melakukan pengereman setelah Anda membua gas terlalu besar. Soalnya, bensin yang sudah didistribusikan sebagai tenaga putar, malah mubazir lantaran cuma berakhir menjadi energi panas pada kampas rem.

3. Pastikan motor dalam kecepatan konstan

Usahakan agar motor melaju dengan kecepatan tetap dan tidak melebihi batas untuk berlalu lintas di jalan raya. Melalui cara ini, Anda bisa menghemat pemakaian bahan bakar untuk motor. Tak hanya itu, Anda sebagai pengendara juga dapat terhindar dari risiko kecelakaan. 

Fitur untuk membantu penghematan bahan bakar motor

Selain dengan menerapkan safety riding tersebut, Anda pun bisa menghemat konsumsi bahan bakar melalui kehadiran fitur ECO indicator. Fitur ini juga bisa dijumpai pada motor-motor keluaran Honda, termasuk All New Honda BeAT 2020.

Anda bisa menemukan indikator yang dilengkapi lampu ini di dekat speedometer. Lampu yang menyala terang menandakan Anda sedang berkendara dengan menggunakan bahan bakar secara paling hemat. Sebagai gambaran, apabila lampu indikator ECO menyala pada motor All New Honda BeAT 2020, maka pengendara hanya memerlukan 1 Liter bensin untuk perjalanan sejauh 60 kilometer!

Referensi

https://www.infosultra.id/teknik-safety-riding-yang-wajib-diketahui-pengendara-motor-versi-ahm/

https://www.otosia.com/berita/begini-cara-buka-gas-motor-yang-hemat-cuan.html

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tekhnik Gas Motor Gas Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More