Pentingnya Mengganti Ban Motor Untuk Keselamatan Berkendara

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 9 hari 13 jam 44 menit yang lalu

Keselamatan adalah faktor yang paling utama bagi anda, terlebih lagi ketika anda sedang berkendara motor. Berbagai bentuk perlindungan tubuh dipakai untuk bisa mengurangi adanya resiko dampak kecelakaan yang lebih besar. Contoh sederhananya adalah helm untuk melindungi kepala anda dari benturan, dan jaket tebal untuk melindungi diri anda dari angin yang kencang.

Selain daripada fitur perlindungan diri, anda juga harus memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan dari kendaraan anda. Salah satu faktor yang paling penting adalah ban. Ban menjadi kaki-kaki kendaraan anda. Ban dalam kondisi prima dapat membuat anda berkendara dengan aman. Sebaliknya, ban dengan kondisi buruk bisa saja menjadi penyebab kecelakaan anda.

Mirisnya, banyak orang yang masih membiarkan kondisi ban mereka buruk, amat buruk sampai tekstur nya sampai halus. Tekstur yang sangat amat halus menandakan bahwa ban tidak memiliki kemampuan mencengkram permukaan jalan lagi. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan kondisi ban, karena :

1. Ban dengan permukaan halus menjadi penyebab kecelakaan

Seperti yang dijelaskan pada paragraf di atas, ban yang mulus dapat menjadi penyebab kecelakaan. Beberapa orang pasti sempat mengalami kecelakaan karena ban depan atau ban belakang yang selip. Selip nya ban amat berbahaya bagi pengendara karena bisa mengakibatkan mereka tergelincir. 

2. Handling buruk akibat ban yang rusak

Selain membuat anda tergelincir, ban dengan kondisi yang rusak dapat membuat handling menjadi tidak enak. Anda seperti bisa merasakan adanya gundukan atau tonjolan permukaan jalan yang sangat terasa di stang motor anda. Hal ini berarti ban sudah hilang kemampuannya untuk meredam getaran jalan. Berbelok ke kanan atau ke kiri akan menjadi lebih sulit, dan potensi kecelakaan juga menjadi semakin meningkat.

3. Pentingnya mengganti ban pada saat musim hujan

Apabila sudah memasuki musim penghujan, ada baiknya anda mengecek kondisi ban anda. Jika memang kondisinya buruk, mungkin sekarang adalah saatnya untuk mengganti ban. Musim hujan dapat berpotensi membuat jalanan licin, dan ban yang rusak akan membuat resiko kecelakaan semakin tinggi. Lebih baik membayar biaya sedikit untuk mengganti ban, daripada biaya berobat di rumah sakit.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More