Wahana Honda

Pentingnya Perawatan Motor Bebek Agar Tetap Tangguh

Publikasi: 4 bulan 18 hari 16 jam 35 menit yang lalu

Transportasi merupakan alat mobilitas yang dibutuhkan masyarakat. Perkembangan transportasi dari masa ke masa juga mengalami perkembangan pesat. Nah, salah satu alat transportasi yang banyak digunakan pada masa sekarang ini adalah sepeda motor. Jenis transportasi yang satu ini populasinya bertambah pesat setiap tahun.

Pada era sekarang ini, manusia membutuhkan kendaraan yang murah, praktis, dan hemat. Hadirnya sepeda motor memberikan angin segar. Pasalnya, harga sepeda motor juga tergolong murah dibandingkan alat transportasi mobil. Kalau kamu tertarik untuk membeli motor, sebaiknya lihat dulu brosur kredit motor Honda 2018 agar mengetahui harga terbaru. Brosur ini juga disarankan bagi kamu yang tertarik membeli motor Honda secara kredit.

Berkat permintaan pasar akan sepeda motor yang begitu besar membuat para produsen selalu bersaing ketat untuk merebut hati para konsumen. Berbagai inovasi dan teknologi terus dikembangkan untuk memberikan produk terbaik.

Honda adalah salah satu produsen raksasa otomotif yang turut serta dalam persaingan di tanah air. Melalui PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang lisensi resmi Honda di Indonesaia mengeluarkan 4 jenis motor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu matic, cup/bebek, big bike, dan motor sport. Masing-masing jenis motor juga punya tipe yang bervariasi dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Motor bebek pernah begitu berjaya di Tanah Air sebelum akhirnya pamornya tergeser oleh motor matic. Walaupun demikian, penggemar setia motor bebek tetap saja ada. Untuk memenuhi keinginan konsumen inilah, Honda mendobrak segmen motor bebek dengan menghadirkan Supra GTR150. Apakah kamu termasuk sebagai pencinta motor bebek? Jika iya, merawat motor bebek perlu diperhatikan agar kendaraan tetap awet meskipun dipakai setiap hari. Berikut ulasannya.

  • Mengecek oli
    Melakukan pengecekan oli merupakan hal dasar untuk merawat motor. Perlu diketahui oli adalah cairan yang akan membantu kinerja mesin, yaitu embuat mesin menjadi halus dan tidak mudah panas. Untuk itu, lakukanlah pergantian secara rutin agar performa mesin tidak loyo. Pergantian secara rutin ini dapat dilakukan ketika jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 km hingga 2.500km. Jika di konversikan, pergantian oli bisa dilakukan dalam waktu 2-3 bulan pemakaian rutin. Jangan menunggu oli menjadi kehitaman dan pekat karena hal ini akan menghambat kinerja mesin.

  • Mengecek pengapian atau kelistrikan
    Pengapian atau kelistrikan pada motor yang bermasalah sudah pasti akan membuat motor kesayanganmu menjadi
    ngadat dan mogok. Pengapian motor bersumber dari busi, sedangkan kelistrikan bersumber dari aki. Untuk menjaga pengapian tetap baik, lakukanlah pengecekan rutin pada busi. Pastikan busi dalam keadaan kering tanpa jelaga atau hangus dan tetap dalam keadaan kering. Jika busi sudah kotor atau lembap, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menghindari motor mati di jalan.

    Pada kelistrikan, motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik sebagai sumber energi tunggal dikarenakan kerja injektor ini terkomputerisasi dengan asupan listrik yang stabil. Untuk memudahkan perawatan, sebaiknya gunakanlah aki kering yang minim perawatan.

Dua hal sederhana ini dapat menjadi modal penting untuk merawat motor bebek kesayanganmu.  Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Label : Bebek

Comment

Your comment
Load More