Peran Penting Lampu Sein Untuk Keselamatan Pengendara

Publikasi: 13 hari 17 menit yang lalu

Setiap kendaraan bermotor dibekali dengan lampu yang ada di bagian depan maupun belakangnya. Mulai dari lampu utama yang berada tepat di tengah pada bagian depan kendaraan. Kemudian ada lampu sein yang dipasang di depan dan belakang. Terakhir ada lampu rem yang diletakkan di tengah-tengah lampu sein di belakang. 

Nah, masing-masing lampu tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Lampu utama misalnya, ia berguna sebagai penerang jalan yang ada di depan. Lampu ini juga sebagai penanda pada kendaraan yang melintas beda arah dengan yang kita lalui. Terlebih jika saat malam tiba atau ketika melintasi jalanan yang gelap gulita.

Sedangkan lampu rem yang ada di belakang berguna sebagai pemberi petunjuk pada pengendara di belakang bahwa kendaraan yang kita tumpangi sedang melakukan pengereman. Dengan demikian, diharapkan pengendara yang ada di belakang juga menurunkan kecepatannya agar tidak menabrak atau terjadi kecelakaan.

Lantas, untuk lampu sein sendiri apa sih kegunaannya? Apa saja peran pentingnya? Nah, pada artikel berikut ini, Wahana Honda akan memberikan informasi terkait hal tersebut. Simak terus artikelnya, ya!

Peran Penting Lampu Sein untuk Keselamatan Pengendara

1. Sebagai indikator motor akan berbelok

Keberadaan lampu sein yang terletak di samping kiri dan kanan lampu utama juga lampu rem berguna sebagai indikator bahwa motor yang kita tumpangi akan berbelok. Tentunya arah belok ini ditentukan oleh lampu sein mana yang menyala. Apakah bagian kanan atau kiri?

Namun, seringkali ditemui kasusnya di jalanan, orang yang menyalakan lampu sein ke arah kanan justru malah berbelok ke arah kiri ataupun sebaliknya. Meskipun sepele, hal ini cukup meresahkan pengendara motor yang lain, lho. Selain karena tidak sesuai dengan aturan, menyalakan motor sein yang berbeda dengan arah kita akan belok juga dapat berbahaya.

2. Mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas

Peran penting lampu sein yang selanjutnya adalah untuk mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan. Coba bayangkan jika semua motor tidak dibekali lampu sein. Sehingga orang-orang tidak akan tahu kemana saja motor yang ada di depannya akan berbelok. 

Sudah pasti kondisi jalanan dan lalu lintas akan kacau. Untuk itu, keberadaan lampu sein ini bisa dibilang cukup krusial. Meskipun banyak orang yang menyepelekan eksistensinya.

Tanpa lampu sein, mereka yang berkendara di jalan akan rawan mengalami kecelakaan. Karena tidak ada indikator apapun yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan saat di jalan raya. Misalnya, saat Anda akan menyalip motor di depan. Anda juga harus memperhatikan lampu sein motor tersebut. Jika lampunya menyala bagian kanan, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menyalip dari sisi tersebut. Tunggulah sampai motor itu berbelok dan Anda baru bisa menerobos jalanan di depan.

3. Sebagai tanda pindah jalur

Saat Anda melewati jalanan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein saat akan berpindah jalur. Dengan demikian, pengemudi lain yang berada di jalur yang sama dengan kita atau dari arah yang berlawanan dapat mengetahui sekaligus mengantisipasinya. Mereka pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika akan menyalip kendaraan kita.

Itulah beberapa peran penting lampu sein untuk keselamatan pengendara motor di jalan raya. Setelah mengetahui fungsinya, apakah Anda masih akan menyepelekan keberadaan komponen motor yang satu ini? Berhati-hatilah saat berkendara dan taati peraturan lalu lintas yang berlaku, ya!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Lampu Motor Wahanahonda #WahanaHonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More