Musim Penghujan, Periksa Komponen Ini Sebelum Berkendara

Publikasi: 10 hari 23 jam 46 menit yang lalu

Tak terasa tahun 2020 sudah hampir berakhir. Saat ini kita telah memasuki musim penghujan. Di mana pada musim ini seringkali terjadi banjir di beberapa kota besar di Indonesia. Salah satu wilayah yang paling sering menjadi sasaran air bah adalah Ibukota DKI Jakarta.

Ya, tak bisa dipungkiri hujan adalah berkah dari Tuhan yang Maha Esa. Namun terkadang hal ini seringkali menjadi penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir yang kemudian membatasi ruang gerak sebagian orang. Tak terkecuali bagi para pengendara motor yang sering dirugikan karena banjir yang tergenang dapat menyebabkan kendaraan mereka mogok hingga mati total.

Tak hanya itu, musim penghujan juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya. Maka dari itu sebelum berkendara, para pemilik kendaraan harus mengecek beberapa komponen pada motor mereka. Tujuannya agar pengalaman berkendara tetap nyaman dan menyenangkan sekaligus terhindar dari risiko kecelakaan.

Kira-kira apa saja komponen yang perlu diperiksa tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

Komponen yang Harus Diperiksa Sebelum Berkendara di Musim Hujan

1. Ban motor

Yup, ban motor adalah komponen pertama yang harus Anda periksa kondisinya. Pastikan bahwa komponen yang satu ini selalu dalam kondisi prima. Baik saat musim kemarau ataupun musim penghujan. Karena ban adalah salah satu perangkat yang penting dalam sebuah kendaraan.

Ban motor yang aus tentu akan sangat berbahaya jika digunakan berkendara di jalanan yang licin setelah hujan. Selain itu, tekanan udara dalam ban motor ini juga perlu diperhatikan. Jangan sampai terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. 

Tekanan ban motor yang telalu tinggi dapat menyebabkan cengkraman ban pada aspal kurang maksimal. Sedangkan tekanan ban motor yang terlalu rendah akan membuat kendaraan Anda berjalan dengan lebih berat dan lambat. Hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan membuat bensin boros secara bersamaan.

2. Kampas rem

Selanjutnya, komponen yang harus Anda pastikan tetap dalam kondisi baik dan prima adalah kampas rem. Meski sepele, dalam musim hujan peran komponen yang satu ini menjadi cukup vital.

Kegunaan kampas rem adalah untuk membantu menghentikan laju kendaraan Anda sewaktu-waktu. Coba bayangkan jika kampas rem Anda dalam kondisi aus sehingga tidak dapat bekerja secara optimal, apa yang akan terjadi? Anda akan kesulitan dalam menghentikan laju kendaraan sekaligus dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Selain itu, kampas rem juga harus senantiasa dibersihkan jika sudah memasuki musim penghujan. Karena komponen yang satu ini sangat rawan diselimuti oleh kotoran, debu hingga lumpur yang kemudian menumpuk dan mengering di sana. Akibatnya, lagi-lagi ini akan menghambat kinerja sistem pengereman motor Anda.

3. Shockbreaker

Shockbreaker atau peredam kejut pada motor berfungsi sebagai penyerap kejutan saat motor digunakan berkendara di jalan dan melewati jalanan yang tidak rata. Seperti polisi tidur, jalan berlubang, jalan berkerikil dan lain sebagainya.

Nah, komponen yang satu ini terletak di tempat yang terbuka pada kendaraan. Sehingga saat musim penghujan tiba, suspensi atau shockbreaker ini rawan terkena percikan air hujan. Perlu diingat shockbreaker bekerja dengan dilumasi oleh oli. Tanpa oli ini, kinerja shockbreaker bisa menjadi lebih keras dan dapat menyebabkan patah saat digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi dan melewati jalanan berlubang.

Sedangkan air hujan mengandung cairan asam yang dapat yang dapat melarutkan kandungan oli pada komponen shockbreaker tersebut. Sehingga suspensi akan menjadi kering dan bekerja kurang maksimal.

4. Rantai motor

Jika Anda sering berkendara menerobos hujan. Komponen rantai motor juga perlu diperhatikan kondisinya secara berkala. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, air hujan mengandung cairan asam yang dapat menyebabkan oli atau kandungan minyak pada motor larut begitu saja.

Mengingat rantai motor juga membutuhkan oli atau pelicin untuk bekerja secara maksimal. Maka saat terkena air hujan, rantai motor biasanya akan berada dalam kondisi kering. Anda hanya perlu membilas motor sesaat setelah kehujanan dan melumasi komponen rantai tersebut dengan cairan oli atau minyak rantai.

Itulah tadi beberapa komponen pada kendaraan yang perlu diperiksa kondisinya. Terutama saat di musim penghujan. Meskipun pada dasarnya, di musim apapun Anda tetap harus memeriksa kondisi motor agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara di jalan. Mogok atau mesin yang mati total seringkali jadi masalah utama bagi pengendara. So, untuk mengatasi hal tersebut, pemeriksaan pra-berkendara ini bisa dijadikan opsi untuk menghindari.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Wanda Tips Motor Honda Tips Saat Hujan Wahanahonda #WahanaHonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More