Perhatikan Ini Sebelum Touring Sepeda Motor

Publikasi: 4 bulan 2 hari 20 jam 30 menit yang lalu

Touring Motor sedang menjadi trend dilakukan para  pemilik kendaraan beroda dua.  Rutenya pun semakin jauh akan  terasa semakin menantang. 

Bukan hanya sekedar perjalanan ke  tempat wisata di dalam kota, namun juga melintas ke luar kota, bahkan lintas provinsi.  

Biasanya   touring dilakukan untuk agenda spesial  dari sebuah klub/komunitas seperti perayaan hari jadi, menyambut anggota baru atau sekedar bersenang-senang untuk menghabiskan akhir pekan.

Sebelum melakukan touring, pastikan  Anda mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Mulai dari kondisi kendaraan hingga biaya yang harus dipersiapkan. 

Ini  hal penting yang dipersiapkan saat touring :

Riset Lokasi

Penting melakukan riset rute ke lokasi tujuan.  Ini untuk mengetahui berapa jarak dan  berapa lama waktu tempuh untuk sampai ke tujuan.

Dan juga untuk mengetahui kondisi jalan  sekaligus fasilitas perjalanan seperti tempat istirahat, bengkel-bengkel servis, tempat pom bensin  sekaligus memudahkan penyusunan anggaran. 

Dan yang tak kalah penting mencari info rute alternatif jika mendadak rute utama tidak bisa dilalui.

A Good Map

Jika  tujuan Anda  adalah sebuah lokasi  jauh di pelosok dan belum pernah dikujungi,  peta adalah sahabat  terbaik sepanjang perjalanan.  

Ada baiknya  sertakan juga peta manual,  karena jika handpone Anda  kehilangan jaringan, Anda  tidak perlu sampai nyasar dan jadi tak tentu arah. 

Selain itu, siapkan pula alat komunikasi  lain seperti HT, atau bluetooth communicator yang terpasang pada helm. Kedua alat ini akan memudahkan komunikasi antar anggota team 

Siapkan Kendaraan  Prima

Sebelum berangkat, dianjurkan melakukan service kendaraan.  Perhatikan  dengan teliti seluruh bagian motor, mulai dari ban, gas, klakson, pengapian dan rem.

Selain SIM dan STNK   yang selalu harus ada dalam dompet,    bawa  juga beberapa suku cadang penting dan ringan . 

Anda wajib mengisi  bahan bakar  full sebelum berangkat,  agar tidak kehabisan sebelum perjalanan dimulai. Kondisi begitu bisa mengganggu  kenyamanan peserta touring lainnya

Jangan Kelebihan Bawa Barang

Bawa pakaian sesuai yang dibutuhkan. Sebaiknya  jangan  isi ransel terlalu penuh  karena ini akan merepotkan diri sendiri. Yang terpeting, jangan lupa membawa charger serta power bank.

Sebisa mungkin hindari membawa barang berharga dalam jumlah berlebihan.  Bawa kamera secukupnya  saja.  Kecuali,  Anda seorang content creator,  yang memang berniat membuat content untuk Youtube.  Ini sih bisa lain ceritanya.

Siapkan Fisik

Semalam sebelum berangkat, pastikan Anda cukup tidur.  Touring jarak jauh yang membutuhkan waktu berhari-hari,  pasti membuat lelah sehingga imunitas bisa menurun.  

Penting pula menyertakan vitamin serta obat-obatan ringan dalam tas Anda. 

Sebaiknya jangan menunda,  jika waktu  makan telah tiba.  Di setiap waktu makan itu,  bisa menjadi isyarat  kuat, bahwa Anda  bukan hanya perlu makan, namun juga wajib berhenti berkendara untuk  menikmati waktu istirahat.

Label : Touring Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More