Perjalanan Jauh Dengan Sepeda Motor, Nggak Masalah

Publikasi: 1 tahun 3 bulan 22 hari 9 menit yang lalu

Mungkin bagi penggemar touring yang sudah sering bepergian jauh menggunakan sepeda motor, touring merupakan hal yang sudah biasa. Penggemar touring sudah biasa mempersiapkan berbagai perlengkapan dan kondisi baik kesehatan maupun mental saat akan melakukan perjalanan jauh. Tapi jika kamu yang belum pernah melakukan perjalanan jauh mungkin harus lebih memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh.

Perjalanan jauh sebenarnya sangat mungkin untuk dilakukan menggunakan sepeda motor, tentunya dengan melakukan persiapan yang matang. Persiapan apa saja yang baiknya dilengkapi saat ingin melakukan perjalanan jauh dengan motor, sehingga kamu bisa menikmati perjalanannya? Simak baik – baik ya, Bro.

Kesehatan Badan Adalah Hal Paling Utama 

Oke, benar sekali kesehatan adalah hal terpenting sebelum kamu melakukan perjalanan jauh, terlebih jika ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan dengan menggunakan sepeda motor membutuhkan kesehatan prima. Seperti diketahui berkendara menggunakan sepeda motor tidak seperti mengendarai mobil, kamu akan kepanasan, kehujanan, dan juga menghadapi jalanan yang rusak, dan juga menghadapi macetnya lalu lintas.

Jangan sekali – kali melakukan perjalanan dengan kondisi yang tidak sehat, karena sama saja kamu melakukan sesuatu yang akan merugikan kamu sendiri. Niatnya ingin menikmati perjalanan, malah semakin menyiksa diri sendiri. Pastikan dulu bahwa badan kamu sehat barulah mulai perjalanan dengan menggunakan motor.

Menjaga kesehatan juga perlu dilakukan dengan melakukan olahraga kecil 3 bulan sebelum perjalanan, yang penting teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebugaran saat melakukan perjalanan nantinya. Dengan melakukan olahraga teratur kita menjadi tidak gampang capek.

Persiapkan Surat – Surat Dengan Lengkap 

Baik perjalanan jauh maupun dekat sebaiknya kita selalu membawa surat – surat kendaraan kita dengan lengkap. SIM, STNK harus selalu kita bawa, karena hal itu merupakan kewajiban pengendara yang baik dan bijak. Dengan membawa surat – surat yang lengkap kita menjadi lebih tenang dalam berkendara tanpa takut terkena sanksi yang diakibatkankan oleh kurangnya surat – surat kendaraan kita. Jadi, jangan sampai kelupaan bawa surat – surat, Bro.

Bawa Persediaan Obat – Obatan Darurat 

Yang paling mengerti kondisi tubuh kamu, ya kamu sendiri. Coba kenali lebih dalam tubuh kamu sendiri apakah ada beberapa penyakit yang sering kambuh, jika iya bawa perlengkapan obat untuk mengatasi masalah ini. Jangan sampai kamu kesulitan mencari obat – obatan saat ada di jalan nanti.

Jangan Lupa Periksa Kondisi Sepeda Motor Kamu

Siapa yang mau kendaraan kamu bermasalah saat, kamu melakukan pekerjaan jauh kan? Nah, ada baiknya jika memeriksa keadaan kendaraan kamu di dealer resmi, dan minta untuk melakukan pengecekan menyeluruh. Mulai dari mesin, pengereman, panel kelistirikan. Tidak ada salahnya juga jika mengganti oli mesin dan juga suku cadang yang memang harus diganti. 

Berdasarkan dari pengalaman akan lebih menyusahkan mengganti suku cadang saat melakukan perjalanan dibandingkan sebelum melakukan perjalanan, karena kita tidak tahu kondisi dan daerah yang akan kita tuju, bengkel atau dealer mana yang bagus.

Bawa Barang Secukupnya, Ini Motor Bukan Gudang

Membawa barang bawaan memang tidak bisa disalahkan, tapi jika terlalu banyak membawa barang bawaan akan sangat menyulitkan bagi kamu sendiri. Selain itu sepeda motor memang tidak didesain untuk membawa barang bawaan yang terlalu banyak, karena bisa membahayakan keselamatan, baik pengendara sendiri maupun bagi pengguna jalan yang lain.

Bawalah barang sesuai dengan kebutuhan, dan jangan paksakan untuk membawa banyak barang bawaan jika memang tidak bisa.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More