Pilih Ban Tubles Atau Ban Biasa? Kenali Dulu Perbedaannya

Publikasi: 1 bulan 7 hari 2 jam 56 menit yang lalu

Sesuai namanya, ban tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai bagian dalam. Ya, tidak ada ban dalam di sana. Dengan desain seperti ini, maka ban tubeless relatif lebih aman dari masalah kebocoran dibandingkan jenis biasa.

Komponen ban tubeless hanya terdiri dari ban dan pelek saja. Namun untuk ban biasa jauh lebih banyak. Ada komponen ban dalam, pelek, ban luar, flap, hingga lock ring. 

Versi tubeless memang lebih simpel, namun tetap modern karena didukung lapisan fluid sealant sebagai pengganti ban dalam.

Ban tubeless bisa melewati berbagai medan karena mengandung fluid sealant di dalamnya. Sementara itu, ban biasa bisa meredam getaran yang mengenai ban, karena ban biasa mengandung ban dalam. Karena mampu meredam getaran, ban biasa pun bisa lebih mudah melewati jalan aspal.

Benarkah Ban Tubeles Lebih Kuat?

Ban tubeless lebih kuat dari sisi daya tahan. Karakter ban tubeless lebih kokoh hingga cocok untuk melewati berbagai jenis medan jalan. Namun ada perbedaan yang kali ini membuat ban biasa terlihat lebih unggul. Ban biasa lebih mampu meredam berbagai jenis getaran

Ban tubles atau tanpa ban dalam sudah semakin banyak digunakan sepeda motor. Selain tidak perlu ribet perawatannya, penggunaan ban tubeless juga dianggap lebih nyaman dan aman.

Mungkin masih banyak pemilik sepeda motor yang beranggapan bahwa semua jenis ban sepeda motor itu sama. Padahal pada ban tubeless ada sejumlah keunggulan daripada ban biasa.

Inilah keunggulan ban tubeless pada sepeda motor 

1. Tangguh dari Kebocran 

Ban tubeless pada dasarnya bisa mengalami kebocoran sama dengan ban biasa. Namun ban jenis ini lebih tangguh dalam menahan kebocoran karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam serta memanfaatkan partikel yang kuat untuk meminimalisir kebocoran akibat tertusuk benda tajam.

2. Daya Tahan Ban Lebih Kuat

Ban tubeless menggunakan inner yang merekatkan bagian ban motor dengan velg, sehingga ban dapat menahan tekanan udara dari dalam. 

Durabilitas atau daya tahan ban menjadi lebih kuat karena daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet pada ban biasa.

3. Tidak Mudah Slip 

Ban tubeless lebih aman digunakan saat musim hujan karena memiliki tapak lebih lebar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam, dibandingkan dengan ban biasa. 

Ini membuat ban tubeless memiliki daya cengkeram yang lebih kuat pada jalan sehingga motor tidak mudah selip saat melintasi jalan basah.

4. Lebih Solid dan Stabil 

Penggunaan ban tubeless pada sepeda motor membuat manuver menjadi lebih baik, karena bentuk ban ini lebih solid dan stabil sehingga mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik terhadap jalanan. Kelebihan ini juga yang membuat ban tubeless banyak digunakan dalam berbagai ajang balap.

Itulah perbedaan  antara ban tubles dan biasa. Sekarang tinggal pilihan ada di tangan. 

Label : Tips Motor Honda Ban Motor #hondacare Ban Tubeless

Comment

User Comment

Your comment

Load More