Tips : Berhenti Sepeda Motor Di Lampu Merah

Publikasi: 1 tahun 7 bulan 28 hari 20 jam 32 menit yang lalu

Mengendarai sepeda motor  memang  paling berisiko dalam menerima  kemungkinan terjadinya tabrakan. Apalagi jika kecelakaan terjadi  dari belakang saat  berhenti di lampu merah.  Oleh karenanya pengemudi motor wajib memiliki kesiagaan tinggi saat berhenti di lampu merah.

Motor lebih berisiko lantaran  pengemudi dan penumpang motor sangat rentan kena dan terdampak langsung bila terjadi kecelakaan. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja,  bahkan kadang dari sudut tak terduga dan tak terhindari. 

Namun mengerti  cara mengoperasiokan kendaraan dan cara berkendara yang menjunjung keselamatan diyakini dapat mengurangi risiko tersebut. 

Dalam konteks perlambatan di lampu merah, ini yang wajib diketahui  pengendara 

  • Awali dengan mengecek spion, baru kurangi kecepatan. Jika tidak aman ... injak rem beberapa kali lalu siap-siap menghindar.
  • Bila situasi di depan, belakang, samping, atas dan bawah telah aman maka perlambatan bisa dilakukan.
  • Pengendara sebaiknya berhenti di tempat yang sesuai aturan, misalnya tidak melewati garis jalan atau sengaja memilih tempat yang teduh. Posisi ini bukan mustahil  akan menyulitkan pengendara lain.
  • Setelah berhenti pengendara memindahkan gigi ke posisi netral. 
  • Ketika motor  sudah dalam posisi diam,  bukan berarti bisa langsung santai, misalnya  mengeluarkan HP  membalas chat atau malah bertelepon. Sebaiknya  tetapi tetap wajib konsentrasi mengendalikan kendaraan dan  memastikan situasi aman.
  • Saat berhenti,  kaki yang pertama turun adalah kaki kiri. Sebab kaki kanan masih berjaga-jaga di tuas rem.
  • Sebaiknya memang dibiasakan kaki kiri turun lebih dulu meski menaiki motor matic untuk mengasah kemampuan menguasai banyak jenis motor.
  • Pada saat berhenti lama, tidak ada masalah bila kedua kaki ingin diturunkan tetapi yang tidak dianjurkan dilakukan adalah melepas tangan dari setang, agar bisa bergerak dengan cepat jika  kemungkinan ada terjadi risiko.
  • Pengendara jangan menahan rem saat berhenti di lampu merah. Ini untuk mengantisipasi dampak dari kemungkinan tabrakan dari belakang.
  • Menahan rem bisa dilakukan bila kondisi jalan menurun atau menanjak tetapi pengendara harus lebih waspada.
  • Saat berangkat pengendara mesti memastikan kondisi di belakang aman. Hal ini bisa dilakukan dari memantau spion juga menoleh ke kiri dan kanan.

Itulah  sedikit “ilmu”  dalam melakukan penghentian kendaraan. Langkah-langkah tersebut patut diterapkan dalam perjalanan Anda dengan motor. Tetap selalu waspada, dan patuhi rambu lalu lintas ya. Dan maskernya  jangan lupa juga untuk terus dipakai!.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tips Motor

Berita Terkait